Kontingen FBIM Kotim Bawa Pulang Lima Medali

NARDI/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotim Bima Ekawardhana.

SAMPIT – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Bima Ekawardhana menyampaikan terus bersemangat bagi kontingen Kotim yang berjuang dalam Festival Budaya Isen Mulang.

“Walau kita tak mendapat juara umum tetap semangat dan menjadi bahan evaluasi untuk lebih baik nantinya tahun depan,” kata Bima, Senin 27 Mei 2024.

Ia menyebutkan Kotim dalam Festival Budaya Isen Mulang meraih satu medali emas yaitu Lawang Sakepeng Putri, tiga medali perak yaitu dari cabang lomba Malamang, Panginan sukup, Jukung Putri dan medali Perunggu Jagau Kalteng.

BACA JUGA:   Pertumpahan Darah Atas Konflik Agraria, Sejarah Buruk Pengelolaan Investasi Perkebunan Sawit di Kalteng

“Ini menjadi evaluasi, Kotim masih belum bisa maksimal meraih prestasi, diharapkan tahun depan bisa semakin baik,” ungkapnya.

Kontingen yang berangkat yaitu panitia inti sebanyak 8 orang, pelatih koordinator, pendamping sebanyak 16 orang, dan peserta lomba sebanyak 160 orang.

Diketahui, kegiatan festival budaya adalah sebagai bentuk apresiasi kepada seniman, budayawan, atlet olah raga tradisional.

Ada 17 cabang lomba yang diikuti Kotim yaitu Pawai Budaya, Mangenta, Malamang, Panginan Sungkup Simpan, Sepak Sawut, Balogo, Habayang, Jukung Tradisional, Besei Kambe, Manyipet, Lawang Sakepeng, Mangaruhi, Karungut, Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata, Maneweng, Manetek Tuntang Manyila Kayu, Tari Pesisir, Tari Pedalaman.

BACA JUGA:   Disdik: Kotim Masih Kekurangan Guru

Pemkab Kotim melalui Disbudpar terus mendorong peran aktif dan inisiatif masyarakat dalam mendukung upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan. Pasalnya, Kotim memiliki sumber daya manusia yang mumpuni dalam Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Tradisional, Permainan Tradisional, Olah Raga Tradisional, dan Masakan Tradisonal.

(Nardi)