Korwil Disdik Kotim: Kegiatan Pramuka Tanamkan Kedisiplinan Siswa

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Korwil Disdik Kotim Kecamatan Ketapang Sukarma (tengah) saat menghadiri Kemah Pesta Siaga oleh Gugus depan (Gudep) Ki Hajar Dewantara SDN 3 MB Hulu. 

SAMPIT – Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kecamatan Mentawa Batu Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Sukarma mengatakan, kegiatan pramuka di sekolah dasar (SD) bisa menanamkan nilai-nilai kedisiplinan ke siswa.

Di akhir semester ini, lanjutnya, sekolah yang melaksanakan kegiatan akademik maupun non akademik sebagai bahan evaluasi.

“Kegiatan pesta siaga, kita harapkan memberikan dampak dan manfaat bagi anak-anak peserta didik, terutama penanaman disiplin dan pengenalan karakter bagaimana disiplin dalam pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan sekolah,” ujar Sukarma, Senin 27 Mei 2024.

BACA JUGA:   Aswin Nur Semakin Serius Maju Pilkada Kotim dengan Lanjut Daftar di PKS

Menurutnya pramuka mengajarkan anggotanya untuk disipilin. Salah satunya mereka bisa melakukan baris berbaris dan saat berbaris tidak boleh bicara dan teratur.

“Minimal satu tahun memiliki bekal, terutama baris berbaris dan di pramuka ajari mereka disiplin, tidak boleh bicara harus rapi dan teratur dalam berbaris,” bebernya.

Hal ini juga dipertegas oleh Sukarma saat menghadiri acara Perkemahan Satu Hari (Persari) Pesta Siaga oleh Gugus depan (Gudep) Ki Hajar Dewantara SDN 3 MB Hulu pada Sabtu 25 Mei 2024.

BACA JUGA:   Wabup Kotim Sampaikan Pertanggungjawaban APBD 2023, Ini Sektor yang Menjadi Prioritas

“Mudah-mudahan kegiatan siaga pastinya bermanfaat bagi anak didik kita karena saat ini anak-anak memerlukan uluran tangan dan kasih sayang kita apa yang mereka harapkan dari kita sehingga mereka bisa menjalani masa anak-anaknya dengan baik,” pungkasnya.

(Ibra)