Pj Sekda Barito Utara Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Pemerintah Kabupaten Barito Utara saat upacara peringatan Hari Jadi Ke -67 Kalteng dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke -116, Senin 27 Mei 2024, pagi.

MUARA TEWEH – Pemerintah Kabupaten Barito Utara upacara memperingati Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Kabupaten Barito Utara tahun 2024, Senin 27 Mei 2024.

Pj Sekda Barito Utara, Drs. Jufriansyah, memimpin langsung upacara tersebut. Dalam amanatnya, Jufriansyah menyampaikan rasa syukur atas usia Kalteng yang telah mencapai 67 tahun.

“Tepat pada tanggal 23 Mei 2024, Provinsi Kalteng yang kita cintai berusia 67 tahun. Di usia yang cukup dewasa ini, perlu kita syukuri bersama, keberhasilan pembangunan di berbagai bidang di Bumi Tambun Bungai ini sudah kita rasakan,” kata Jufriansyah.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Kalteng.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras dan dukungan semua elemen dan jasa tokoh pendahulu,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Jufriansyah juga mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk terus meningkatkan sinergi dan kolaborasi untuk memajukan pembangunan Kalteng.

BACA JUGA:   27 Anggota Panwaslu Kecamatan di Barito Utara Dilantik

“Ayo kita Handep Haruyung Mamangun Lewu Bumi Tambun Bungai,” ajaknya saat membacakan pidato Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran.

Dalam pidato Gubernur Kalteng, Jufriansyah juga menyampaikan beberapa prestasi yang diraih Kalteng selama ini, diantaranya;

  • APBD meningkat dari Rp3,43 triliun lebih pada tahun 2016 menjadi Rp8,79 triliun lebih pada tahun 2024.
  • Opini WTP dari BPK RI, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Kalteng selalu mendapatkan opini WTP dari BPK RI.
  • Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I 2024 mencapai 5,01 persen, lebih tinggi dari tahun 2023 yang sebesar 4,14 persen.
  • Tingkat pengangguran terbuka hingga Maret 2024 sebesar 3,67 persen, lebih baik dari capaian nasional yang di angka 4,82 persen.
  • Angka kemiskinan tahun 2023 sebesar 5,11 persen, jauh di bawah angka nasional yang 9,36 persen.
  • Kalteng sukses menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia UCI MTB World Cup 3 tahun berturut-turut.
BACA JUGA:   Bawaslu Barito Utara Buka Rekrutmen Panwascam untuk Pilkada 2024

Jufriansyah juga menyampaikan beberapa program pembangunan yang dilaksanakan di Kalteng, antara lain:

  • Memperkuat kemandirian pangan melalui program strategis nasional Food Estate, Shrimp Estate, dan pembangunan pabrik beras dan pakan.
  • Meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan untuk aksesibilitas dan pengembangan ikon daerah seperti Bundaran Besar dan membangun Universitas dan Sekolah Unggulan.
  • Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Membangun Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B di Hanau, Kabupaten Seruyan.
  • Mempercepat penurunan stunting perlu sinergi lintas sektor, mulai dari pusat, provinsi, kabupaten/kota, hingga kelurahan/desa.

Jufrianyah juga menyampaikan pentingnya memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116.

“Hari Kebangkitan Nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat Kebangkitan Nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia,” kata Jufriansyah.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kalteng untuk meneladani semangat para pendiri bangsa dan terus berjuang untuk kemajuan bangsa Indonesia. (Isk)