Kado Ulang Tahun dan Berkat Prestasinya, Jabatan H. Budi Santosa Sudarmadi sebagai Pj Bupati Kobar Diperpanjang (Bagian 3,Selesai)

Ket Foto : Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, saat menyerahkan SK Mendagri tentang Perpanjangan H. Budi Santosa, sebagai Pj Bupati Kobar (kiri). Foto giat kinerja Pj Bupati Kobar. (Ilustrasi Foto: Kang Maman)

Laporan: Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com)

Denyut sang waktu yang kita lalui terkadang tidak terasa, seperti halnya kehadiran Pj Bupati Kobar Dr. Drs. H. Budi Santosa Sudarmadi, M.S.i., pada Rabu 24 Mei 2023 telah dilantik Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kobar, menggantikan Anang Dirjo.

Pada Bulan Mei 2024 ini, jabatan Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa Sudarmadi, sudah berakhri pada Kamis 23 Mei 2024. Namun, Senin 27 Mei 2020, pada rangkaian acara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun dan Hari Jadi Ke- 67 tahun Provinsi Kalteng, Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran menyerahkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, bahwa jabatan H. Budi Santosa sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kobar di perpanjang.

Sebelum menerima SK Perpanjangan Jabatan dari Mendagri, pengamatan penulis ada salah satu acara  kegiatan Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa yang menyetuh hati, yakni pada acara pelepasan 153 Calon Jemaah Haji (Calhaj), Senin 13 Mei 2024,  di Aula Sangga Buana Kantor Bupati.

Setelah menyampaikan sambutannya, Pj Bupati menyampaikan kepada para Calhaj dan undangan lainnya, bahwa dirinya beberapa hari lagi akan ‘purna tugas’ (berakhir), sebagai Penjabat Bupati Kobar.

“Ibu, Bapak, sebentar lagi jabatan saya sebagai penjabat Bupati Kobar, akan berakhir. Dan atas nama pribadi dan keluarga, apa bila selama ini ada khilap dan salah  kami mohon dimaafkan,” kata H. Budi Santosa, dan banyak lagi kesan beliau yang diuraikannya.

BACA JUGA:  746 Pantarlih Mulai Lakukan Pencoklitan, Hari Ini

Kemudian setelah acara sambutan selesai, terlihat salah seorang Calhaj yang sudah berusia senja berlinang airmatanya karena terharu. Saat sesi bersalaman dengan Calhaj tersebut dicium oleh

Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa terlihat mencium tangan Calhaj tersebut dan hal yang sama dilakukan kepada sejumlah Calhaj lainnya yang sudah berusia tua.

Sebelumnya penulis telah menguraikan pendapat sendiri, bahwadengan adanya SK Mendagri yang menyatakan Jabatan H. Budi Santosa sebagai Pj Bupati Kobar, diperpanjang, merupakan ‘Kado Ulang Tahun’. Karena H.Budi Santosa pada hari Minggu, 26 Mei 2024 adalah Hari Jadinya yang ke-56 tahun.

SK Mendagri tentang perpanjangan jabatan bagi H. Budi Santosa sebagai Pj.Bupati Kobar, selain ‘Kado Ulang Tahun’, juga pengamatan penulis berkat prestasi kerjanya selama 1 tahun sebagai Pj Bupati Kobar, yang didukung oleh seluruh jajaran ASN.

Seperti dikatakan Sekda Kobar Rody Iskandar, H. Budi Santosa selama 1 tahun menjabat sebagai Pj Bupati Kobar, mampu menakhodai pelaksanaan pemerintahan daerah, sehingga Kabupaten Kobar berhasil memperoleh 28 penghargaan, baik  tingkat Nasional maupun Provinisi Kalteng, dengan 15 penghargaan tingkat nasional dan 13 penghargaan tingkat Provinsi. (rincian penghargaan telah penulis uraikan di artikel bagian ke 1 dan 2. Red).

BACA JUGA:  Plh Ketua KPU Kobar Suprianur: Batas Waktu Melengkapi LHKPN 21 Hari Sebelum Pelantikan

Pj Bupati Kobar H Budi Santosa, adalah sosok yang santun dan bersahaja, murah senyum dan sering rendah diri.

Pengamatan penulis sosok H. Budi Santosa  identik dengan sebuah pribahasa Bagaikan Batang Padi Tambah Tinggi Semakin Merunduk, yang sejatinya perlu ditiru oleh para penjabat lainnya. Jadilah seperti Batang Padi, yang sedang tumbuh, semakin tinggi semakin merunduk (semakin tinggi jabatan, semakin berisi ilmunya dan selalu merendahkan diri, tidak sombong dengan jabatan).

H. Budi Santosa Sudarmadi, salah satu Pj Bupati di Kalteng yang telah memiliki segudang ‘Disiplin Ilmu’, khususnya tetang pemerintahan dan keuangan, yang sejak tahun 1994 sampai sekarang telah menjadi bagian penting dari Kantor Kementerian Dalam Negri.

Dengan diperpanjangnya Jabatan H. Budi Santosa Sudarmadi sebagai Pj Bupati Kobar, mari  kita kembali dukung program-program kerjanya. Agar Kabupaten Kobar yang berjuluk ‘Bumi Marunting Batu Aji’ (Menuju Kejayaan), kedepannya semakin “JAYA’, karena hasil pembangunannya benar-benar menyentuh kepada masyarakat, khususnya masyarakat perdesaan, SEMOGA.(*)