Petugas Damkar Lamandau Evakuasi King Cobra dari Kolong Rumah

IST/BERITA SAMPIT : Petugas Damkar Lamandau saat mengevakuasi King Cobra.

NANGA BULIK – Kejadian mendebarkan terjadi di sebuah warung di Jalan Trans Kalimantan, tepat di seberang RSUD Lamandau.

Seorang warga yang sedang menikmati makan tiba-tiba dikejutkan dengan kemunculan ular king cobra berukuran sangat besar dari kolong rumah. Tak ayal, pemilik warung segera memanggil petugas pemadam kebakaran (Damkar) untuk mengevakuasi ular berbisa tersebut.

Aksi heroik penangkapan ular ini langsung menarik perhatian warga sekitar. Mereka berbondong-bondong menyaksikan penangkapan ular sepanjang 4,5 meter tersebut.

Dalam waktu sekitar setengah jam, petugas Damkar yang telah terlatih menangani reptil berbahaya berhasil mengevakuasi ular tersebut dengan selamat.

BACA JUGA:   Lilis Suriani Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Camat se-Kabupaten Lamandau

“Benar, sore kemarin kami kembali mengevakuasi ular king cobra dari sebuah warung di Jalan Trans Kalimantan,” ujar Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Lamandau, Aprimeno Sabdey. Jumat, 7 Juni 2024

Aprimeno mengungkapkan bahwa dalam sepekan terakhir, sudah ada tujuh panggilan penanganan ular yang masuk ke rumah warga. Ia mengimbau warga untuk lebih waspada terhadap gangguan hewan liar yang bisa membahayakan diri dan keluarga.

“Karena musim penghujan ini selain musim kawin, biasanya banyak sarang mereka yang terendam banjir, sehingga seringkali hewan-hewan tersebut mencari tempat yang lebih hangat dan masuk ke pemukiman warga,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Kejaksaan Negeri Lamandau Selidiki Skandal Pengelolaan Aset Desa, Dugaan Kerugian Mencuat

Huda menekankan pentingnya menghubungi petugas Damkar jika warga melihat atau menemukan hewan berbahaya. Petugas Damkar telah mendapatkan pelatihan khusus untuk menangani situasi berbahaya, dan layanan ini diberikan tanpa biaya alias gratis.

Kejadian ini menjadi pengingat bagi warga untuk selalu waspada dan siap menghadapi ancaman dari hewan liar, terutama di musim penghujan. Petugas Damkar siap memberikan bantuan profesional untuk menjaga keselamatan warga dan lingkungan.

(andre)