Dewan: Peningkatkan Kualitas Pendidikan Tanggung Jawab Bersama

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, Edyson D. Kenting.

KUALA KURUN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Edyson D. Kenting mengungkapkan bahwa setiap pihak memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas individu peserta didik di wilayah tersebut. Sebab kualitas pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, sekolah, dan orang tua.

Dikatakannya, pemerintah memiliki tanggung jawab untuk memberikan beasiswa kepada peserta didik berprestasi, meningkatkan sarana prasarana pendidikan, memberikan bantuan pendidikan melalui bantuan operasional sekolah, dan bentuk tanggung jawab lainnya.

“Orang tua memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan mendidik anak, mendukung tumbuh kembang anak, mendukung anak dalam budaya literasi, serta memberikan pendidikan karakter dan budi pekerti,” ungkap Edyson D. Kenting, Kamis 6 Juni 2024.

BACA JUGA:   Peringati Hari Lahir Pancasila, Dewan: Perkuat Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Bernegara

Sementara itu kata dia, tanggung jawab guru dan sekolah yakni dengan meningkatkan kedisiplinan dan pembelajaran, menanamkan kegemaran membaca, serta menciptakan suasana sekolah yang ramah untuk pendidikan dan pembelajaran.

“Kualitas guru pun harus terus ditingkatkan melalui peningkatan literasi, mengikuti pelatihan yang menunjang kualitas guru, melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, peningkatan kedisiplinan, dan lainnya,” bebernya.

Disebutkannya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, ia menghimbau kepada peserta didik untuk tetap disiplin dalam mengikuti kegiatan belajar, gemar membaca, menjadi peserta didik yang berkarakter Pancasila, menjauhi pergaulan yang merusak kesehatan dan masa depan, serta memiliki adab yang baik.

BACA JUGA:   DPRD Gelar Paripurna Bahas Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Gunung Mas 2023

“Kualitas pendidikan tidak bisa hanya dibebankan pada satu pihak saja, melainkan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dilakukan secara kolektif. Dengan adanya keterlibatan semua pihak, kualitas pendidikan di Gunung Mas akan semakin meningkat dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dan siap bersaing di masa depan,” tutupnya.

(ale)