KPU Kobar Akan Bentuk Relawan Demokrasi untuk Tingkatkan Partisifasi Masyarakat

Foto: Ilustrasi Kang Maman

PANGKALAN BUN – Seluruh KPU se-Indonesia kini disibukkan dengan kinerjanya menjelang pesta demokrasi Pilkada serentak, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan Wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati.

Termasuk di Kabupaten Kobar, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat telah melaksanakan berbagai tahapan Pilkada, ada salah satu program khusus yang diadopsi  dari KPU Provinsi Kalteng yakni akan membentuk “Relawan Demokrasi”.

Ketua KPU Kobar Chaidir, saat dikonfirmasi membenarkan  KPU Kobar berwacana akan membentuk “Relawan Demokrasi”.

BACA JUGA:  Teken Berita Acara Serah Terima Bantuan Keuangan ke Parpol, Pj Bupati Sampaikan Ini

“Tujuan dibentuknya Relawan Demokrasi  untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, yang nantinya juga akan merekrut 10 orang yang membantu KPU mensosialisasikan Pilkada tahun 2024,” kata Chaidir.

Relawan Demokrasi ini, lanjut Chaidir, nantinya akan mendatangi basis segmen masyarakat seperti dari kalangan pencinta seni, pemilih perempuan, pemula, pemilih disabilitas, dan segmen masyarakat lainnya. Disamping itu juga KPU akan menggandeng organisasi masyarakat lainnya.

BACA JUGA:  SHD Banjir Dukungan Maju Pilgub Kalteng

“Kami pun akan menggandeng organisasi masyarakat dan organisasi kewanitaan dan kegiatan pemerintah daerah, dimana kami akan terlibat dalam kegiatan mereka yang di isi dengan sosialisasi, berbagai upaya akan kami lakukan agar ada peningkatan partisipasi masyarakat dari Pilkada sebelumnya,” imbuh Chaidir.

Seraya menambahkan, semua materi atau segmen  rencana pembantukan ‘Relawan Demokrasi’  dalam waktu dekat ini akan segera dibahas dalam rapat bersama seluruh komisioner dan sekretarsi KPU Kobar.

(man)