Sekda Rody Iskandar Buka Kobar Job Fair 2024

MAN/BERITA SAMPIT : Tangkapan layar, Setda Kobar pada acara pembukaan Kobar Job Fair 2024 yang diselenggarakan Disnakertrans Kab. Kobar, di Taman Kota Manis Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar Kobar Job Fair 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Taman Kota Manis Pangkalan Bun, 8-9 Juni 2024 ini dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar Rody Iskandar, mewakili Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa.

Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Kobar Rody Iskandar mengatakan, tujuan diselenggarakannya Kobar Job Fir untuk memfasilitasi dan mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan secara langsung, dalam rangka mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, maupun sesuai dengan keinginan para pencari kerja.

Rody Iskandar sebelumnya menyampaikan alasan ketidakhadirannya Pj Bupati Kobar. Dikatakan saat ini Pj Bupati Kobar ada kegiatan di Kementerian Dalam Negeri.

“Beliau, melalui saya menyampaikan maaf atas ketidak hadirannya pada acara ini,“ kata Rody Iskandar.

Dalam kesempatan tersebut, Rody Iskandar mengatakan bahwa Kobar Job Fair 2024 juga dalam rangka menjaga keseimbangan dengan lowongan yang tersedia juga dengan lowongan pencari kerja. Hal ini disebabkah antara lain persediaan dan kebutuhan  tenaga kerja, kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan setiap tahun semakin meningkat , sedangkan lowongan kerja sangat terbatas, sehingga terjadi kesenjangan.

BACA JUGA:   Peluncuran Pilkada Kobar 2024 Meriah, Ketua KPU Chaidir Ucapkan Terima Kasih Kepada Semua Pihak

“Ketidakseimbangan juga diakibatkan kurangnya informasi antara Perusahaan di kabupaten Kobar dengan para pencari kerja. Dan sering kali Perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sulit mencari tenaga kerja di Kobar yang sesuai dengan kebutuhannya,“ ujar Rody Iskandar.

Atas nama Pj Bupati Kobar, Rody Iskandar menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada Dinas Tenaga Kerja dan Jajaran Polres Kobar, serta semua pihak lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatunya.

“Semoga kegiatan Kobar Job Fair 2024 memberi dampak yang positif bagi para pencari tengaga kerja, khususnya semua Perusahaan yang ada di Kabupaten Kobar,“ pungkas Rody Iskandar.

BACA JUGA:   DAD Kobar Bulan Juni Akan Lakukan Validasi dan Verifikasi Lahan Semua PBS Kebun Sawit

Pada kesempatan tersebut, Kepala Disnakertrans Kabupaten Kobar, Rusliansyah dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini para pencari kerja sangat kesulitan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan jobnya.

“Bahkan saat ini, sesuai dengan pertumbuhan penduduk semakin pesat berkembang, maka semakin besar juga penduduk yang mencari pekerjaan yang cukup memadai. Ditambah dengan kurangnya media informasi kebutuhan tenaga kerja . sehingga para pencari kerja kesulitan untuk mencari kerja,“ kata Rusliansyah.

Menurut Ruliansyah, melalui kegiatan Kobar Job Fair  2024 guna mempasilitasi kebutuhan para tenaga kerja dan diharapkan para pencari tenaga kerja bisa tersalurkan dengan baik.

“Perlu diketahui, sampai bulan Mei 2024 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kobar, telah membuka pelatihan tenaga kerja sebanyak 7 paket, satu paket 16 orang. Dan tahap berikutnya, latihan tenaga kerja akan dibuka pada Juli 2024 sebanyak 4 paket,“ ungkap Rusliansyah.

(man)