Angka Kelulusan SMP di Kotim Capai 98,51 Persen

NARDI/ BERITA SAMPIT- Kepala Dinas Pendidikan Kotim M Irfansyah.

SAMPIT – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) M Irfansyah menyampaikan angka kelulusan jenjang SMP tahun ajaran 2023-2024 mencapai 98,51 persen.

“Jumlah Peserta didik Kelas IX adalah 5916 siswa, yang lulus 5826 siswa, tidak lulus 90 siswa,” ungkap Irfansyah, Selasa 11 Juni 2024.

Ia menyampaikan keterangan tidak lulus ada 90 siswa tersebar di kecamatan se Kotim karena putus sekolah, atau tidak absen untuk jangka waktu yang lama dan tidak mengikuti asesmen sumatif akhir.

BACA JUGA:   Sekda Kotim Diperiksa di Kejati Selama Tiga Jam Soal Dugaan Korupsi Dana Hibah KONI

Sekolah sudah memberikan arahan dan membujuk orang tua dan anak agar bisa kembali ke sekolah namun belum berhasil.

Sekolah juga disarankan agar dapat membantu mengarahkan orang tua anak untuk mendaftarkan anak yang putus sekolah tadi ke pendidikan non formal paket B agar tetap mendapatkan layanan pendidikan dan ijazah kesetaraan.

Dalam Kurikulum Merdeka sudah tidak ada lagi ujian akhir, namun diganti dengan asesmen sumatif akhir yang kelulusan siswa dinilai oleh sekolah masing-masing.

BACA JUGA:   Ribuan Warga Kotim Padati Pasar Murah Pemprov Kalteng

“Berbagai aspek menjadi penilaian mulai dari bidang akademik, non akademik, kehadiran dan sikap serta perilaku selama sekolah dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila,” ungkapnya.

(nardi)