Pendidikan Politik Dinilai Sangat Penting

IST/BERITASAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Natalia.

PALANGKA RAYA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Tengah (Kalteng) Natalia menuturkan bahwa pendidikan politik sangat penting dalam menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

Seperti yang diketahui, pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan dilaksanakan serentak di Indonesia pada 27 November 2024 mendatang. Baik Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Menurut Natalia, pendidikan politik merupakan proses menciptakan generasi penerus pemerintahan yang berintegritas. Pendidikan seharusnya mencakup pengetahuan terkait tata cara berpolitik yang demokratis dan bermartabat.

“Tujuan lain dari pendidikan politik yaitu agar masyarakat, terutama pemilih pemula, tidak mudah terpengaruh oleh kepentingan tertentu,” kata Natalia, Selasa 10 Juni 2024.

Selain itu, Natalia mengatakan bahwa peran dari pemerintah daerah melalui dinas terkait, KPU, dan partai politik dalam menyebarluaskan pendidikan politik kepada masyarakat.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Katingan Berikan Sambutan pada Penyerahan LKPD BPK-RI

“Hal itu harus dipahami sebagai tugas bersama untuk mencerdaskan para pemilih dalam menyalurkan hak suaranya pada Pilkada nanti,” sebutnya.

Perlu diketahui, dalam dinamika perpolitik, terdapat rentan terpengaruh oleh uang politik, isu SARA, dan hal-hal lain yang dapat mempengaruhi keputusan para pemilih.

“Oleh karena itu, penyediaan pendidikan politik yang baik dapat menjadi langkah awal untuk membentuk pemilih yang cerdas dan mengedepankan hati nurani,” ungkapnya.

Menjaga persatuan dan kesatuan juga menjadi salah satu tugas bersama dalam menjelang Pilkada serentak tahun 2024. Natalia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama dalam mensukseskan Pilkada tahun 2024 ini agar pelaksanaannya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:   Dewan Apresiasi LKPD Pemkab Katingan Kembali Raih WTP

“Kami berharap pada pelaksanaan Pilkada tahun 2024, akan terpilih pemimpin yang berkualitas, berintegritas, dan berkomitmen dalam membangun daerah,” tutur Natalia.

Natalia mengungkapkan bahwa segala aspek kehidupan sosial terutama politik tingkat pendidikan dan kecerdasan masyarakat akan mempengaruhi keputusan yang diambil. Oleh sebab itu, penyediaan pendidikan politik menjadi hal yang sangat penting, terutama dalam menjelang Pilkada serentak tahun 2024.

“Menjelang Pilkada serentak 2024, kepercayaan publik pada Pemerintah dan para pemimpin daerah sangat tergantung pada integritas dan kualitas kepemimpinan para calon Pilkada. Maka dari menjadi tugas bersama dari masyarakat untuk menyebarluaskan pendidikan politik dan bersama-sama mencapai hasil suara yang baik pada pemilihan Pilkada serentak 2024,” pungkasnya.

(Sya’ban)