Detik-Detik Saat Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman Membahagiakan Seorang Pedagang Gorengan

IST/BERITA SAMPIT : Sejumlah adengan dalam rekaman video, saat Kapolres Kobar memborong berbagai macam gorengan dari ibu tua di Jalan Macan, Pangkalan Bun. (Ilustrasi Kang Maman).

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior-beritasampit.com )

Dari sekian banyak kegiatan yang telah dilaksanakan Kapolres Kobar AKBP Yusfandi Usman, menjelang peringatan Hari Bahayangkara Ke- 78 yang jatuh pada 1 Juli 2024, ada salah satu kegiatan Kapolres yang boleh dikatakan cukup menjadi contoh dan renungan bagi kita semua, khususnya para pejabat.

Kegiatan Kapolres Kobar yang satu ini, apa lagi bagi seorang pejabat tinggi di Kabupaten Kobar, jarang terjadi alias langka. Kegiatan Kapolres Kobar yang jarang terjadi ini kebetulan divideokan oleh Bagian Humas Polres Kobar melalui di Group WA ‘JOC’ Kobar .

Setelah penulis mengamati video berdurasi sekitar 104 detik ini dimulai saat Kapolres Kobar berjalan memantau keamanan bersama rombonganya di Jalan Macan Pangkalan Bun. Dugaan penulis nampaknya secara spontan tiba-tiba Kapolres sambil berseri langsung menyapa seorang ibu tua yang berjualan gorengan dipinggir jalan.

BACA JUGA:  Pemkab Kobar Sudah Menyiapkan Lokasi Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap

Dalam rekaman video sambil diiringi backsound yang cukup melankolis terlihat menyapa dan bersalaman dengan Ibu tua penjual gorengan dan dua orang perempuan lainnya.

“Dan, sini kita borong semua gorengan,“ kata Kapolres memanggil anggotanya, sambil tangannya memegang wadah gorengan. Mendengar ucapan dagangannya mau diborong semua, ibu tua itu terlihat sumringah (gembira) sambil mengambil kantong plastik.

Masih dalam rekaman video, terlihat wajah ibu tua itu berbaur antara gembira dan terharu. Terharunya lantaran sebelumnya tanpa mimpi dan kabar tiba-tiba didatangi orang nomor 1 di Polres Kobar.

BACA JUGA:  Ini Posisi Nurhidayah dan Rahmat Hidayat Hasil Survei Independent Polling E-Vote Raven Media Solo Pilkada Kobar 2024

Setelah bungkusan plastik penuh dengan bermacam-macam gorengan, ibu tua itu langsung menyerahkan yang berisi gorengan kepada Kapolres Kobar sambari mengucapkan  kalimat. “Terimakasi Bapak,” ucapnya dengan senyum manis.

Kapolres pun pamit dan menyalami ibu tua.

Itulah, detik-detik Kapolres Kobar membahagiakan seorang pedagang gorengan. Kapolres Kobar memiliki salah satu semboyan yang kalimatnya singkat namun  sangat bermakna bagi kehidupan kita, antara lain semboyannya yang ditulis dalam rekaman video  bertuliskan BAHAGIA ITU SEDERHANA : “Untuk Mendapatkan Kebahagiaan Cobalah Dengan Membahagiakan Orang Lain”. (*)