Ketua DPRD Gunung Mas Apresiasi Harapan Pemkab Jaga Kebersihan Lingkungan

MUHAMMAD/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Akerman Sahidar.

KUALA KURUN – Sebuah harapan yang baik datang dari Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Herson B. Aden, untuk menjaga kebersihan lingkungan ibukota kecamatan dan desa di wilayah Kabupaten Gunung Mas.

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas, Akerman Sahidar merespon positif harapan tersebut dan menjelaskan bahwa lingkungan yang bersih memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

“Manfaat dari lingkungan yang bersih meliputi menghindari ancaman banjir dengan membuang sampah pada tempat pembuangan sampah, serta menjaga kebersihan drainase, selokan, parit, dan got yang ada di lingkungan pemukiman masyarakat,” ungkapnya, Rabu, 19 Juni 2024

Lebih lanjut dikatakannya, lingkungan yang bersih juga dapat menghindari masyarakat dari penyakit seperti Demam Berdarah (DBD), diare, serta penyakit lainnya.

“Lingkungan yang bersih dapat memberikan ketenangan serta meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani untuk kita,”beber Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini.

BACA JUGA:  Lima Fraksi DPRD Gunung Mas Sepakati Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023

Pada kesempatan itu juga, ia menghimbau kepada para camat, kepala desa, dan lurah yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas agar memberikan imbauan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan serta menjaga kebersihan drainase, selokan, parit, dan got yang ada di lingkungan.

“Saya juga menghimbau pada masyarakat agar membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan demi terjaganya kebersihan lingkungan. Dalam kebiasaan hidup bersih dan sehat kita, lingkungan yang bersih harus selalu menjadi prioritas,” tutupnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Herson B. Aden, mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat setempat untuk bertindak gotong royong membersihkan selokan dan jalur Sungai Kahayan di Taman Kota Kuala Kurun.

BACA JUGA:  Dewan: Potensi Pajak Daerah Perlu Digali Lebih Serius untuk Tingkatkan PAD

“Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, karena selain membuat tampilan lingkungan menjadi lebih rapi dan indah dipandang, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit. Bersih itu sehat,” ungkap dia.

Disebutkannya, gotong royong yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk membersihkan selokan dan jalur Sungai Kahayan dari sampah, sehingga aliran air menjadi lancar dan tidak menyebabkan banjir di musim hujan.

“Karena kita semua tahu, bahaya banjir dapat merusak fasilitas umum, properti milik masyarakat, dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, menjaga kebersihan harus senantiasa dilakukan agar banjir dapat dihindari,” bebernya.

Herson mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan.

“Kita tidak bisa hanya menyerahkan tanggung jawab ini kepada pemerintah saja, melainkan kita harus saling bahu-membahu dalam membersihkan lingkungan kita masing-masing,” tutup Herson.

(ale)