PMI Kotim Ikuti Koordinasi Evaluasi Layanan Unit Transfusi Darah

IST/BERITA SAMPIT - Kegiatan Koordinasi Dan Evaluasi Layanan Unit Transfusi Darah (UTD) Daerah di Provinsi Kalteng.

SAMPIT – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menghadiri kegiatan Pertemuan Koordinasi Dan Evaluasi Layanan Unit Transfusi Darah (UTD) Daerah di Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu 19 Juni 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris PMI Kotim Muhammad Alexander, dan Kepala Uni Donor Darah PMI Kotim dr Aldila Tiurmawati.

Melalui kegiatan ini Alexander berharap PMI Kotim bisa mendapatkan informasi dan berbagi pengalaman dalam mempersiapkan standar UTD untuk peningkatan dalam pelayanan kedepannya.

BACA JUGA:  Dianggap Ingkar Janji, Lahan PT BSP Diportal Lagi

“Darah memegang peranan penting dalam pelayanan kesehatan, ketersediaan, keamanan dan kemudahan akses terhadap darah dan produk darah harus dapat dijamin,” ungkap Alexander.

Ia menyampaikan darah berkontribusi dalam menyelamatkan jiwa manusia, tentunya akan sangat penting saat keadaan diperlukan, berkaitan dengan harapan hidup dan memperbaiki kualitas pasien yang menderita penyakit atau yang mengancam jiwa.

BACA JUGA:  Damkar Kotim Kerahkan Tiga Unit Armada Tangani Kebakaran di Jalan Samekto Sampit

Pelayanan transfusi darah merupakan bagian penting dari pelayanan kesehatan untuk beberapa kasus dan masih menjadi satu-satunya upaya untuk menyelamatkan nyawa dan memperbaiki kondisi kesakitan.

“Tentu harus dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya bidang transfusi darah ini,” pungkasnya.

(nardi)