Sekda Sukamara Minta Maksimalkan Promosi dan Inovasi Produk Unggulan Daerah

ENN/BERITA SAMPIT - Rendy Lesmana (Dua dari kiri) saat berbincang dengan pedagang di Pasar Saik l.

SUKAMARA – Pemerintah Daerah Kabupaten Sukamara terus melakukan promosi dan inovasi terhadap produk unggulan dari berbagai sektor.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara, Rendy Lesmana mengatakan bahwa ada beberapa sektor unggulan Kabupaten Sukamara seperti dari sektor perikanan shrimp estate atau budidaya udang vaname sehingga pengembangan potensi ini bisa terus ditingkatkan.

“Upaya promosi dan inovasi produk andalan dari daerah Kabupaten Sukamara terus dilakukan seperti potensi shrimp estate atau udang vaname ini,” kata Rendy Lesmana, Kamis 19 Juni 2024.

Rendy menerangkan keberadaan shrimp estate yang sudah berjalan dalam beberapa tahun ini dan sudah menjadi produk andalan dan harus dipromosikan serta diinovasikan baik melakukan berbagai kegiatan.

BACA JUGA:  KPU Sukamara Akan Luncurkan Maskot Pilkada, Akhir Bulan Ini

Promosi kegiatan bisa melalui berbagai kegiatan pameran atau even lainnya hingga melalui kegiatan lomba cipta menu masakan khas Sukamara berbahan dasar udang vaname.

“Bahkan promosi kita tuangkan dalam bentuk motif batik untuk pakaian yang digunakan dari Kabupaten Sukamara, motif batik udang vaname ini sudah dibuat sebanyak dua jilid,” jelas Rendy Lesmana.

Rendy Lesmana berharap kedepannya dari promosi dan inovasi yang dilakukan terhadap produk andalan, masyarakat bisa berkreasi dan tidak hanya berhenti sampai pada cipta menu masakan khas Sukamara.

Selain itu dari sektor industri seperti motif batik dan kegiatan lainnya yang harus bisa ditingkatkan dan dikembangkan dalam bentuk produk olahan setengah jadi sehingga potensi ini memang menjadi brand dan Kabupaten Sukamara.

BACA JUGA:  Sukamara Gelar Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila 

“Yang sudah menciptakan inovasi melalui menu masakan berbahan dasar udang vaname ini bisa terus ditingkatkan dengan olahan yang semakin menarik bahkan bisa dibuat dalam bentuk kemasan. Dan kita terus kembangkan inovasi untuk produk ini bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) agar potensi ini dapat menjadi produk yang mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat dan daerah,” tukas Rendy Lesmana.

(enn)