Jokowi Minta Menteri Kesehatan Relokasi RSUD Mas Amsyar Kasongan

BITRO/BERITASAMPIT - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Kesehatan dan Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan dr. Agnes Nissa Paulina saat diwawancarai awak media di Halaman RSUD Mas Amsyar Kasongan, Rabu 26 Juni 2024.

KASONGAN – Presiden Joko Widodo meninjau langsung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar Kasongan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu 26 Juni 2024.

Dalam kunjungannya Jokowi menyoroti terkait sejumlah kebutuhan mendesak di rumah sakit ini, terutama layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, antara lain keterbatasan kamar.

“Pelayanan BPJS saya kira di sini kamarnya kurang, hanya 53 kamar. Seharusnya memang di atas 100 dikit lah,” ungkap Jokowi saat diwawancarai sejumlah awak media di Halaman RSUD Mas Amsyar Kasongan.

Orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar Menteri Kesehatan untuk mempertimbangkan relokasi rumah sakit ke lahan baru yang ditawarkan oleh bupati yang luasnya lima hektar. Hal itu dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan fasilitas.

BACA JUGA:  Pj Bupati Katingan Tinjau dan Beri Bantuan Korban Banjir di Desa Tumbang Bulan

Selain itu Presiden juga mengecek kesiapan ruangan di RSUD Mas Amsyar Kasongan terutama untuk keperluan alat-alat medis modern.

“Karena segera tahun ini di sini akan dikirim CT scan, mammogram, inkubator, semua yang mahal-mahal mau dikirim. Kenapa kita ke sini? Karena kita ingin melihat kesiapannya, ruangannya,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Mas Amsyar Kasongan dr. Agnes Nissa Paulina menegaskan kerja sama yang baik pihaknya dengan BPJS. Menurutnya, kerja sama tersebut telah membantu memperlancar pelayanan kesehatan di rumah sakit.

“BPJS sekarang sangat memudahkan karena pasien tidak perlu membawa kartu, cukup membawa KTP sudah terkoneksi melalui NIK,” jelas Dr. Agnes.

Saat ini RSUD Mas Amsyar merupakan rumah sakit tipe C, satu-satunya milik Kabupaten Katingan dan saat ini memiliki 18 dokter spesialis. “Jadi spesialis itu ada yang di rawat inap, rawat jalan, juga penunjang seperti di laboratorium dan radiologi,” lanjut dr. Agnes.

BACA JUGA:  Pj Bupati Katingan Harapkan Bansos dapat Bermanfaat Bagi Masyarakat

Sementara itu, Agus Susanto, seorang warga Kasongan mengungkapkan kepuasannya terhadap layanan BPJS di RSUD Mas Amsyar. “Kalau menurut saya pelayanan BPJS ini sangat membantu, terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Untuk prosedur dan layanan pun cukup efektif dan baik, cepat,” tutur Agus.

Dia juga berharap akan ada peningkatan kecepatan operasional di masa yang akan datang, “Mungkin untuk pelayanan lebih cepat ke depannya dari segi operasional lebih ditambahkan lagi biar tidak menumpuk untuk yang lainnya. Biar lebih cepat lagi dari sekarang,” pungkasnya.

(Bitro)