Pemkab -BRIN Akan Kembangkan Shrimp Estate

ENN/BERITA SAMPIT - Panen udang vaname yang ada di Kabupaten Sukamara.

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan mengembangkan potensi shrimp estate dengan melakukan inovasi budidaya udang vaname yang menjadi produk andalan di wilayah tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekda Sukamara Rendy Lesmana yang mengatakan bahwa Pemkab Sukamara dan BRIN telah melakukan pertemuan terkait dengan upaya inovasi pengembangan budidaya udang vaname.

“Alhamdulillah Kabupaten Sukamara menjadi salah satu lokus yang dipilih oleh BRIN, dan ini menjadi sebuah kerjasama yang baik terkait penanganan dan pengembangan potensi daerah,” kata Rendy Lesmana, Rabu 26 Juni 2024.

BACA JUGA:  Pj Bupati Sukamara Minta Dinas Terkait Buat Aturan untuk Lindungi Tanaman dan Pohon

Menurut Rendy Lesmana, kerjasama antara Pemkab Sukamara dengan BRIN untuk pengembangan potensi perikanan di Kabupaten Sukamara yaitu shrimp estate atau budidaya udang vaname yang memang sudah menjadi produk unggulan daerah sejak beberapa tahun ini

Selain pengembangan potensi perikanan khususnya shrimp estate Kabupaten Sukamara juga memiliki potensi lain  yaitu dibidang pertambangan yang nantinya juga akan dilakukan pengembangan dan inovasi.

“Dalam kurun waktu lebih kurang 4 tahun ini potensi shrimp estate atau udang vaname memang sudah menjadi produk andalan daerah yang menjadi sektor pendukung PDRB dan peningkatan pertumbuhan perekonomian,” ujar Rendy

BACA JUGA:  Jelang Idul Adha, Diskeptan Sukamara Lakukan Sosialisasi Kurban

Rendy Lesmana berharap sektor shrimp estate akan semakin banyak inovasi yang dilahirkan sehingga akan menambah potensi yang dapat dimanfaatkan, mengingat selama ini hasil shrimp estate masih dipasarkan  keluar daerah dalam keadaan belum diolah.

“Kedepannya kerjasama dengan BRIN ini tentu ada inovasi yang akan dikembangkan mengingat potensi udang vaname masih dijual dalam bentuk bahan baku dan kita harapkan bisa diolah menjadi bahan setengah jadi atau menjadi produk olahan yang menjadi andalan daerah serta bisa menjadi brand yang dimiliki oleh Kabupaten Sukamara,” tukad Rendy Lesmana.

(enn)