Menteri ATR Disambut dengan Potong Pantan dan Tarian Khas Kalteng

IST/BERITSAMPIT - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat Potong Pantan.

PALANGKA RAYA – Kehadiran Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis 27 Juni 2024 sore, disambut upacara Potong Pantan yang dipimpin oleh pemuka adat Suku Dayak.

Tarian dan tabuhan alat musik tradisional dari Bumi Tambun Bungai ini juga turut memecah suasana di Bandar Udara Tjilik Riwut.

Potong Pantan merupakan salah satu upacara adat penyambutan tamu yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang dan diwariskan secara turun temurun hingga generasi saat ini.

Upacara tersebut ditujukan untuk menyambut tamu yang dihormati serta sebagai doa-doa dan ungkapan atas penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, sehingga tamu tersebut selamat sampai di tempat tujuan.

BACA JUGA:  Masyarakat Dirugikan, Begini Kata Walhi Terkait Konflik Agraria di Kalteng

“Ini tradisi yang unik dan tentunya penuh dengan nilai. Sebuah tradisi Dayak yang dihadirkan tadi oleh mantir atau pemuka adat diniatkan untuk menyambut tamu yang mudah-mudahan kehadirannya bisa membawa kebaikan keberkahan,”ujar AHY.

AHY pun berharap tradisi tersebut dapat memudahkan rangkaian kunjungan kerjanya hari ini hingga esok hari.

“Dengan cara menggulung kain, memotong dahan kayu, ini simbol-simbol yang tentunya penuh dengan makna. Mudah-mudahan segala halangan dan rintangan bisa kita atasi dan kita sama-sama bisa bekerja lebih baik lagi untuk masyarakat di Palangka Raya dan juga Kalimantan Tengah,” ungkap Menteri ATR.

BACA JUGA:  Dua Pokdakan di Palangka Raya Terima Bantuan 40 Ribu Benih Ikan Baung

AHY kemudian dikalungkan syal serta mengenakan Topi Dayak Kalteng. Sembari meninggalkan lokasi penyambutan, Pemuka Adat menuturkan doa.

Turut mendampingi Menteri AHY dalam kunjungan kerja ini, Staf Ahli Menteri Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah, Yulia Jaya Nirmawati, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menteri, serta Kepala Biro Humas Kementerian ATR/BPN.

Kehadiran Menteri AHY disambut oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Kalteng, Elijas B Tjahajadi, dan perwakilan Gubernur beserta Forkopimda Kalteng.

(Sya’ban)