Berhasil Turunkan Angka Stunting, Pj Bupati Lamandau Raih Penghargaan Nasional

IST/BERITASAMPIT - Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani, saat menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas keberhasilan program percepatan penurunan stunting

NANGA BULIK – Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Lilis Suriani, menerima penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) atas keberhasilan program percepatan penurunan stunting di Kabupaten Lamandau.

Penghargaan ini diberikan dalam kategori penurunan prevalensi stunting tertinggi skala nasional tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Pj Bupati Lilis Suriani pada acara malam penghargaan dan Gala Dinner Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 yang berlangsung di Merapi Grand Ballroom PRPP, Jawa Tengah, pada Jumat 28 Juni 2024.

BACA JUGA:  Ibu Muda Didakwa Bunuh Bayi Hasil Hubungan Gelap, Diduga Anjuran Pacarnya

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam mendukung program ini. Berkat sinergitas, kolaborasi, dan kerjasama yang baik, kita dapat mengurangi angka stunting dan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lamandau,” ujar Pj Bupati Lilis Suriani. Sabtu 29 Juni 2024.

Keberhasilan ini ditandai dengan penurunan signifikan angka prevalensi stunting di Kabupaten Lamandau. Dari 25,5 persen, angka tersebut turun sebesar 12,3 persen menjadi 13,2 persen. Angka ini lebih rendah dari target nasional yang ditetapkan sebesar 14 persen.

BACA JUGA:  Sosialisasi Terkait Rekrutmen Prajurit TNI AD Jadi Bagian TMMD

Turut hadir mendampingi Pj Bupati dalam acara tersebut adalah Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB), Kepala Dinas Kesehatan, dan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lamandau.

Penghargaan ini menjadi pengakuan atas upaya nyata dan komitmen yang telah dilakukan Kabupaten Lamandau dalam menurunkan angka prevalensi stunting.

Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

(Andre)