Pemkab Kobar Sudah Menyiapkan Lokasi Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas dan Suaminya Almarhum Bohap

Foto : Konsep desain monumen patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas.

PANGKALAN BUN – Kabar gembira mulai berkembang menyusul Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), sudah menyiapkan sejumlah lokasi Pembangunan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas yang berdampingan bersama suaminya Pak Bohap bin Jalan (dari suku Dayak).

Kabar gembira tersebut terungkap, saat Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa bersama Sekda Kobar Rody Iskandar, didampingi Asisten 2 dan Asisten 1, serta perwakilan dari Dinas Kominfo, menggelar pertemuan dengan seluruh wartawan Anggota PWI Kobar di rumah jabatan (rujab) Pj. Bupati Kobar, Selasa lalu.

Setelah Pj. Bupati Kobar H. Budi Santosa, mengintruksikan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar Rody Iskandar dan Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Kamaludin, bahwa rencana pembangunan monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas yang berdampingan dengan suaminya Almarhum Bohap bin Jalan, harus segera direalisasikan.

“Kita akan bahas lagi bersama, karena sekarang Orangutan Foundation International (OFI), sudah dilibatkan dalam rencana pembangunan Monumen Patung Profesor Ibu Birute yang berdampingan dengan suaminya Almarhum Bohap,“ kata Sekda Kobar Rody Iskandar, saat dikonfirmasi beritasampit.com.

BACA JUGA:  Kapolres Kobar Resmikan Musala Athallah di Polsek Arut Utara

Seraya menambahkan, bahwa Pj. Bupati Kobar H.Budi Santosa pada prinsipnya sejak Beliau berkunjung silaturahmi ke rumah Ibu Profesor Birute di Desa Pasir Panjang, sudah mengatakan setuju.

“Pada prinsipnya seperti disampaikan beliau (Pj Bupati), Pemerintah Daerah setuju. Bahkan Pemkab Kobar sudah menyiapkan sejumlah tempat atau lokasi untuk Monumen Patung Ibu Profesor Birute dan suaminya Almarhum Pak Bohap,“ kata Sekda Rody Iskandar.

“Untuk prosesnya kita perlu pembahasan yang benar-benar akurat  karena OFI ikut dilibatkan dalam proses Pembangunan monument patung tersebut,” sambungnya.

Sementara Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar Kamaludin, saat dikonfirmasi mengatakan, untuk mempercepat proses pembangunan monument patung  Ibu Prof. Birute pihaknya sudah memanggil Manajer OFI.

“Sudah saya panggil Manajer OFI untuk membicarakan, hal-hal yang harus dipersiapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan saya siap melaksanakan sesuai dengan arahan Pak Sekda “, kata Kamaludin.

BACA JUGA:  KPU Kobar Semakin Eksis Jelang Pilkada 2024 

Terpisah Manajer OFI Dudy Kurniawan, mewakili Presiden OFI Prof. Dr. Birute Mary Galdikas, saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah dipanggil oleh Asisten 2 Bagian Perekonomian dan Pembangunan Setda Kobar.

“Persyaratan yang diminta oleh Bapak Kamaludin Asisten 2 Setda Kobar telah kami penuhi. Atas nama Ibu Prof. Dr. Birute Mary Galdikas President OFI, sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Pj.Bupati Kobar H. Budi Santosa, bersama Bapak Sekda dan Bapak Asisten 2 serta Ibu Kepala Dinas Lingkungan Hidup, atas perhatian dan kerjasamanya yang baik,“ kata Dudy Kurniawan.

Dudy Kurniawan, atas nama pribadinya mengatakan salut luar biasa kepada Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa dan jajarannya, untuk membangun Monumen Patung Penyelamat Orangutan di Dunia.

“Semoga menumen patung tersebut terwujud, karena di dunia baru kali pertama Pemkab Kobar yang mendirikan Monumen Patung Prof. Dr. Birute Mary Galdikas yang berdampingan dengan Almarhum suaminya Pak Bohap,“ pungkas Majaner OFI Dudy Kurniawan.

(man)