Pemkab Kotim Lakukan Sweeping Pengukuran Balita di Pusat Perbelanjaan

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi.

SAMPIT – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur melalui Dinas Kesehatan terus mengejar capaian pengukuran dan penimbangan balita sampai ke tempat ke ramaian salah satunya di pusat perbelanjaan seperti City Mall Sampit.

“Kita ingin mengejar capaian penimbangan dan pengukuran bisa lebih baik lagi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kotim Umar Kaderi, Senin 1 Juli 2024.

Dijelaskan Dinkes Kotim sendiri sudah melakukan sweeping pengukuran balita door to door serentak di wilayah Kotim. Setelah itu kembali melakukan pengukuran di Mall yang ada di wilayah itu.

BACA JUGA:  H Ihsan Ikuti Fit and Proper Test di DPW Perindo Kalteng

Pengunjung Mall yang membawa balita diminta dilakukan pengukuran baik itu tinggi dan berat badan. Karena tidak menutup kemungkinan banyaknya balita yang belum ditimbang diukur tinggi badannya.

“Sekarang akhir pekan yaitu malam Minggu warga berkunjung ke mall ramai. Itu kami manfaatkan untuk melakukan pengukuran bagi mereka yang membawa balita,” lanjutnya.

Ditambahkan, upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan pengukuran balita beberapa hari ini dengan sweeping ke rumah dan di tempat keramaian dinilai berhasil dan telah menunjukkan peningkatan dari sebelumnya yang hanya 28,64 persen.

BACA JUGA:  Camat Cempaga Akui Tak Mengetahui Terkait Legalitas Gudang Miko yang Terbakar

“Sweeping penimbangan mulai kemarin sudah 34 persen. Kami minta nakes sesuai arahan bupati menggerakkan semuanya sudah mulai ada peningkatan semoga bisa mencapai 70- 80 persen,” pungkasnya.

Berdasarkan data elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM), presentase balita diukur hanya mencapai 28,64 persen. Kotim menjadi daerah terendah di Kalteng setelah Kabupaten Barito Selatan yaitu 50,38 persen. Hal ini menjadi perhatian pemerintah daerah untuk genjot melakukan sweeping door to door agar meningkat capaian ini secepatnya tahun ini.

(ibra)