Diskominfo Harapkan Informasi Kegiatan SOPD Sampai ke Pelosok Desa

IST/BERITA SAMPIT- Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi PublikĀ  Diskominfo Kotim, Agus Pria Dany saat menjadi Narasumber dalam rapat koorsinasi pejabat PPIDdi satuan SOPD setempat.

SAMPIT- Kepala Diskominfo Kotim Marjuki melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Agus Pria Dany berharap, penyebarluasan informasi kegiatan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di Kabupaten Kotawaringin (Kotim) bisa sampai ke desa-desa, agar masyarakat dapat memantau dan mengetahui perkembangan daerah.

Hal ini disampaikan seusai rapat koordinasi pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) di satuan SOPD setempat, Selasa 2 Juli 2024.

“Target kami informasi bisa sampai ke desa-desa, ini sendiri untuk menjamin keterbukaan informasi dan dokumen dipublis di website yang diperlukan masyarakat,” katanya.

BACA JUGA:  Asisten I Setda Kotim Buka Gebyar Prestasi Pelajar Tingkat SMP/MTs

Menurut Agus, masyarakat berhak mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat dari kegiatan pemerintah daerah melalui SOPD, pihal kecamatan hingga ke pelosok desa.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan untuk mendorong SOPD agar menjalankan websitenya sesuai dengan fungsi, pasalnya selama ini penyampaian informasi dari setiap SOPD dinilai kurang aktif karena keterbatasan SDM.

“Mereka (SOPD) menyampaikan tidak bisa menyampaikan informasi di website ada juga mereka tidak bisa aktif karena ada admin yang mengelola SDMnya terbatas,” lanjutnya.

BACA JUGA:  Pemkab Kotim Apresiasi Semua Pihak Berkontribusi Menurunkan Angka Stunting

Selain itu disampaikan bahwa capaian indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Eletronik (SPBE) Kotim meningkat signifikan tahun 2023 yang dimana masuk kategori baik di Kalimantan Tengah.

“Dimana tahun 2023 indeks pencapain SPBE Kotim masuk kategori baik, seperti yang disampaikan Kadia SPBE bisa ditingkatkan atau kita pertahankan,” pungkasnya.

(ibra)