Mengerucut! Potensi Enam Nama Bakal Calon Bupati Kotim

IST/BERITASAMPIT - Enam kandidat bakal calon bupati yang berpeluang maju di Pilkada Kotim, ada Irawati, Halikinnor, M Rudini Darwan Ali, Sanidin , Suprianti dan M Jhon Krisli.

SAMPIT – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sejumlah nama mulai mengerucut dan berpotensi besar sebagai calon Bupati Kotim nantinya.

Seperti nama Halikinnor, Irawati, M Rudini Darwan Ali, Sanidin, Jhon Krisli dan Suprianti Rambat, nama ini berpeluang besar maju di Pilkada Kotim.

Pengamat Hukum dan Politik di Kotawaringin Timur Bambang Nugroho menyebut saat ini sejumlah nama memang mulai mengerucut, namun elektabilitas petahana diakui tertinggi saat ini.

“Namun nama-nama lain seperti Rudini, Suprianti, Jhon, Sanidin patut diperhitungkan, apalagi dari nama tersebut ada yang berpasangan, tentu kuat sebagai penantang petahana,” tegas Bambang.

Bambang juga menyebut, jika Halikinnor dan Irawati tetap berpasangan tentunya akan jadi pasangan kuat, penantangnya harus punya startegi yang matang jika ingin mengalahkannya.

Bambang menilai nama-nama tersebut mengerucut selain punya elektabilitas mereka juga merupakan kader dan pengurus partai politik, tentunya parpol dalam mengusung tentu kader dan pengurus yang punya lampu hijau.

“Untuk pasangan yang maju ini saya lihat kuncinya ada di beberapa parpol, seperti Golkar, PKB, PKS dan Nasdem yang hingga kini belum terlihat siapa kader atau pengurus mereka yang akan di usung,” tandasnya.

BACA JUGA:  Program UHC RSUD dr Murjani Sampit Capai 75 Persen Keaktifan

Bambang menilai dari enam nama ini nanti yang berpeluang besar dapat rekomendasi parpol untuk maju, namun demikian nama lain juga masih punya peluang manakala bisa meminang parpol lain, seperti PKB, Golkar, PKS dan Nasdem.

Adapun nama-nama tersebut yakni petahana Halikinnor merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan, berkarier sebagai birokrat kini menjadi lawan kuat menuju periode keduanya.

Halikinnor berkarier sebagai birokrat hingga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kotim dan memutuskan pensiun dini untuk terjun ke politik mencalonkan diri sebagai bupati hingga ia akhirnya terpilih.

Bahkan kini Halikinnor mulai gencar blusukan ke sejumlah desa dengan melakukan berbagai macam kegiatannya.

Selain Halikinnor, juga ada nama Irawati yang merupakan wakil bupati petahana, ia merupakan kader PDI Perjuangan, terpilih sebagai DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) 2019 kemudian maju menjadi wakil bupati Kotim.

Kembali menjadi pertanyaan apakah kedua petahana ini akan kembali berpasangan ataukah saling berhadapan, keduanya merupakan kader kuat PDIP.

Suprianti Rambat atau akrab disapa Bu Rambat merupakan pengusaha properti di Kotim, sudah dikenal luas masyarakat.

BACA JUGA:  Siswa SMP Negeri 3 Sampit Diminta Menjauhi Perilaku Kenakalan Remaja

Menjadi kekuatan tersendiri dimana kader Gerindra ini dalam pemilihan DPR RI Kalimantan Tengah ia meraih posisi kedua, dan suaranya terbanyak di Kotim.

Tidak hanya nama Suprianti, nama lain di Gerindra yang kini juga tengah ramai diperhitungkan maju di Pilkada Kotim adalah Sanidin, bahkan kabarnya Sanidin juga dapat restu maju di Pilkada Kotim dari partai tempatnya bernaung tersebut. Terlebih Sanidin juga punya pengalaman sudah pernah beberapa periode duduk di DPRD Kotim sehingga pengalamannya tidak diragukan.

Selanjutnya nama yang juga berpotensi menjadi bakal calon Bupati Kotim adalah Ketua PAN Kotim M Rudini Darwan Ali.

Ia sudah pernah maju dalam pemilihan Bupati Kotim periode lalu, dimana PAN berkoalisi dengan PKS, berada diposisi kedua setelah Halikinnor, maka kini ia kembali maju.

Jhon Krisli, menjadi Ketua DPRD Kotim tiga periode, sosoknya sudah dikenal dan banyak pengalaman dalam menyerap aspirasi masyarakat.

Ia pernah sebagai kader PDIP sekarang sebagai Ketua Demokrat Kotim, diprediksi Demokrat bakal berkoalisi dengan Golkar.

(Nardi/Naco)