Setelah Direkom PAN, Pengamat Politik Sebut Supian Hadi Berpeluang Direkom PDIP

SYA'BAN/BERITASAMPIT - Mantan Bupati Kotawaringin Timur dua periode, H Supian Hadi atau SHD.

PALANGKA RAYA – Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), H Supian Hadi atau SHD, telah resmi mendapatkan rekomendasi dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Namun hingga saat ini PDIP tidak ada statement memberikan rekomendasi atau surat tugas untuk memasangkan kadernya atau yang mendaftar di PDIP untuk maju di Pilgub Kalteng.

Menanggapi hal tersebut, Pengamat Hukum dan Politik Kalteng, Jhon Retei Alfri Sandi, menyebut bahwa SHD memiliki potensi untuk diusung oleh PDIP.

BACA JUGA:  Kotim Terima Sapi Satu Ton dari Presiden Jokowi 

“SHD merupakan kader PDIP, terlebih beliau merupakan mantan Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) dua periode dan pencalonannya dulu tidak terlepas dari PDIP,” ujar Jhon kepada Berita Sampit, Rabu 3 Juli 2024.

Menurutnya, kader PDIP ketika ditugaskan partai harus siap menjalankan tugas salah satunya adalah SHD.

“Namun saya kira, PDIP dan partai lainnya sebelum memberikan rekomendasi tentunya melakukan pertimbangan untung-rugi, seperti peluang dan tantangan,” ucapnya.

BACA JUGA:  Kwarran Baamang Gelar Pawai Obor Takbiran Keliling 1445 H, Malam Ini

Selain itu, Jhon menyebutkan setelah mendapatkan rekomendasi dari PAN. Menurutnya, SHD memiliki tugas berat mencari partai untuk berkoalisi.

“Sebab PAN di DPRD Kalteng, hanya memiliki empat kursi, sedangkan syarat minimal dari KPU melakukan pencalonan Gubernur harus memiliki sembilan kursi atau 20 persen dari jumlah kursi 45, artinya SHD harus menjadi kursi tambahan yaitu lima kursi,” pungkasnya.

(Sya’ban)