Wabup Kotim Apresiasi Pelatihan Anyaman Rotan UMKM di Desa Patai

IST/BERITA SAMPIT- Wabup Irawati saat memantau pelatihan anyaman rotan di Desa Patai Kecamatan Cempaga.

SAMPIT- Wakil Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Irawati mengapresiasi kegiatan perluasan kesempatan kerja (Pelatihan DBH DR) melalui pelatihan Anyaman Rotan di Desa Patai Kecamatan Cempaga.

Irawati mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari Provinsi Kalimantan Tengah yang bekerja sama dengan kabupaten dalam pemberdayaan budidaya anyaman rotan bagi UMKM setempat.

“Untuk Kotim sendiri pengelola anyaman rotan ini sangat berpotensi besar untuk UMKM. Selain bisa meningkatkan nilai ekonomi namun juga bisa memperdayakan masyarakat sekitar”, kata Irawati, Rabu 3 Juli 2024.

BACA JUGA:  Lagi, Ketua dan Bendahara KONI Kotim Tak Penuhi Panggilan Kejati

Menurut Irawati saatnya UMKM  harus bisa bersaing dengan daerah luar dibarengi dengan nilai jual masyarakat yang semakin hari semakin tinggi.

“Rotan sendiri sangat tinggi nilai jualnya. Dan kerajinan hari ini para anak muda membuat gelang rotan, kemudian nanti disusul dengan anyaman piring dan pot bunga,” lanjutnya.

Irawati juga memerintahkan pada Camat setempat untuk menyediakan pojok UMKM di kantor camat maupun di kantor desa setempat untuk menjual belikan hasil karya UMKM.

BACA JUGA:  Seorang Warga Terima Timah Panas Diduga Dari Senjata Api Pihak Keamanan di Areal PT SCC

“Dengan pelatihan ini bekal yang didapatkan nanti bisa harus ikut ditampilkan hasil karya mereka di tiap even”, imbaunya

Sementara Sekertaris Camat Cempaga Sugoro mengatakan, peserta yang ikut pelatihan ini ada 20 orang. Program dinas provinsi bekerja sama dengan kabupaten dalam pemberdayaan budidaya anyaman rotan bagi UMKM.

“Untuk pengadaan alat anyaman rotan nanti kami akan mengajukan dalam anggaran murni 2025 melalui Dinas Tenaga Kerja,” pungkasnya.

(ibra)