PT KPC Menjadi Terobosan Baru Pengembangan Hilirisasi Industri di Kalteng Mendapat Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI (Bagian 1)

IST/BERITA SAMPIT : Direktur Operasional PT KPC Padli Noor (kiri), saat mendampingi rombongan Tim Kunsfik Komisi VII, yang dipimpin Mukhtarudin saat Kuinjungan Kerja Spesifik ke PT Kapuas Prima Coal, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Senior – beritasampit.com )

Presiden Joko Widodo (Jokowi), menekankan bahwa hilirisasi industri menjadi salah satu langkah penting bagi Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045. Hal tersebut disampaikan pada Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) masa bakti tahun 2023-2028, (Dilansir penulis dari berita website media online Sekretariat Kabinet RI, 1 Agustis 2023)

“Kalau itu bisa kita lakukan, kemudian hilirisasi ini berhasil untuk semua mineral, perkebunan, pertanian, perikanan, semuanya bisa dihilirisasi. Kalau hitung-hitungannya World Bank, McKinsey, IMF, OECD, itu di 2040 sampai 2045, saya yakin ini bisa agak maju,” kata Jokowi.

Hal tersebut di atas, pengamatan penulis identik dengan kehadiran PT Kapuas Prima Coal (KPC) Tbk  di Kabupaten Kobar dan Lamandau, dimana pada Jumat 5 Juli 2024, mendapat kunjungan kerja dari Komisi VII DPR RI, yang dipimpin Mukhtarudin.

BACA JUGA:  Jelang Pilkada Serentak, Ini Pesan Khusus Pj Bupati Kobar H. Budi Santosa Kepada Tomas dan Toda

Perlu diketahui PT KPC Tbk yang telah memiliki bidang usaha di pertambangan biji besi (Fe) dan galena (Pbs), serta telah dikenal luas sebagai produsen konsentrat timbal (Pb) dan konsentrat seng (Zn) dengan area penambangan seluas 5.569 hektare di Desa Bintang Mengalih, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

PT Kapuas Prima Coal Tbk mulai beroperasi secara komersial tahun 2010 lalu, dan menjalankan bisnis pertambangan secara terintegrasi, mulai dari hulu hingga hilir.

Pada tahun 2017, PT Kapuas Prima Coal Tbk berhasil mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia guna memperoleh dana bagi pengembangan infrastruktur dan modal kerja, antara lain untuk pembelian alat tambang.

BACA JUGA:  Ketua KPU Kobar Chaidir Ingatkan Petugas Pantarlih, Pencoklikan Harus Langsung Mengecek Jangan Mengandalkan Informasi Ketua RT

Dengan berdirinya  PT KPC di Kabupaten Kobar dan Lamandau, pengamatan penulis telah menjadi terobosan baru dalam pengembangan Hilirisai Industri di khususnya di Kabupaten Kobar dan Lamandau dan khususnya di Provinsi Kalteng.

Seiring dengan arahan serta penekanan Presiden Jokowi, bahwa hilirisasi industri menjadi salah satu langkah penting bagi Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045, maka Komisi VII DPR RI yang dipimpin Muktarudin dari Fraksi Partai Golkar Utusan Daerah Kalteng, pada Jumat 5 Juli 2024 melakukan kunjungan kerja ke PT KPC Tbk di Kabupaten Kobar. (*)