Siapa yang Layak Menjadi Sekda Kotim?

ILUSTRASI/BERITA SAMPIT-Sejumlah pejabat Kotim yang dinilai punya peluang jadi Sekda Kotim.

SAMPIT – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) sebentar lagi akan kosong lantaran Fajrurrahman yang menjabat saat ini sebentar lagi akan purnatugas.

Sejumlah nama mulai disebut-sebut layak menjadi Sekda Kotim, diantaranya para tokoh birokrat senior di lingkup Pemerintahan Kabupaten Kotim, mulai dari nama Sanggul Lumban Gaol, Marjuki, dr Faisal Novendra Cahyanto, Rihel, Alang Arianto dan Ramadhansyah.

Melihat latar belakang mereka mulai dari dr Faisal Novendra Cahyanto yang dinilai punya peluang besar, dimana sebelumnya ia pernah menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kotim, di sisi lain juga Faisal merupakan Dewan Pengawas Rumah Sakit dr Murjani Sampit, kini Faisal bertugas sebagai Kepala Klinik Bhayangkara Polres Kotim

Faisal dinilai layak selain punya pengalaman yang mumpuni juga dinilai mampu menjalin komunikasi dengan kalangan ASN.

Nama selanjutnya Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotim saat ini yaitu Sanggul Lumban Gaol, sudah pernah menjabat posisi strategis di berbagai bidang.

Seperti menjadi Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotim, Kepala Dishub Kotim, hingga pernah menjadi camat beberapa kali. Dari sejumlah nama ini juga Sanggul merupakan ASN senior di daerah ini.

BACA JUGA:  Pemkab Kotim Bagikan 7000 Bendera Merah Putih

Kemudian ada tokoh senior, Marjuki yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kotim, pernah menjabat sebagai staf ahli bupati, Kepala Dinas Penduduk dan Catatan Sipil, Kepala Pengelolaan Pendapatan Daerah, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Dengan sederet jabatan yang pernah diembannya tersebut hingga membawa namanya layak jadi sekda Kotim.

Assisten I Sekretariat Daerah Kotim Rihel juga masuk dalam daftar potensi menjadi Sekda Kotim.

Ia pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kotim, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim.

Yang juga patut diperhitungkan yaitu Alang Arianto yang saat ini sebagai Assisten II Sekretariat Daerah Kotim, sebelumnnya ia menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kotim.

Alang juga merupakan kepala dinas yang saat ini menyandang gelar doktor. Kemampuannya dalam menghadapi berbagai permasalahan sektor perkebunan saat jabat Assisten II selama ini kemampuannya yang dinilai layak menduduki jabatan sekda, serta Alang juga dinilai familiar di kalangan ASN karena jabatannya sebelumnya.

BACA JUGA:  DAD Kotim Dukung Putusan Damang Tualan Hulu, Hingga Tegaskan Cara PT HAL Bisa Dituntut Kembali Secara Adat

Nama selanjutnya Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (Bappenda) Kotim Ramadansyah, bersamaan dengan itu ia juga dipercaya menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Baperida) Kotim.

Ramadhansyah juga aktif berbagai organisasi, pernah menjadi Ketua Pemuda Muhamadiyah, dan Sekretaris Muhammadiyah. Saat ini juga sebagai rektor Universitas Muhamadiyah Sampit (Umsa).

Ramadhan dinilai punya peluang selain memiliki kedekatan dengan bupati selama beberapa kali pembahasan anggaran daerah dengan DPRD, dirinya nampak terlihat banyak berperan.

Diketahui bahwa Sekda Kotim Fajrurrahman akan purnatugas atau pensiun per 1 September 2024, masyarakat bertanya siapakah yang akan ditunjuk bupati untuk menjadi Sekda Kotim selanjutnya.

Kepala BKPSDM Kotim Kamaruddin Makkalepu menyampaikan jika tidak ada penunjukan definitif maka nantinya jabatan Sekda akan diisi Penjabat (Pj).

“Jika nantinya ada dilaksanakan seleksi terbuka maka akan disampaikan, menunggu keputusan bupati,” kata Kamaruddin, Rabu 19 Juni 2024.

(Nardi)