Pasien Positif COVID-19 di Kaltim Tersisa 12 Orang

Infografis perkembangan kasus COVID-19 Provinsi Kaltim (Arumanto)

SAMARINDA – Pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur berdasarkan update kasus harian Satgas COVID-19 setempat pada 28 Mei 2022 tersisa 12 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan pasien positif tersebut tersebar di Balikpapan 3 orang, Kutai Timur 3 orang, Berau 2 orang, Samarinda 1 orang, Kutai Kartanegara 1 orang, Paser 1 orang dan Penajam Paser Utara 1 orang.

” Tiga wilayah yakni Mahakam Ulu, Kutai Barat dan Bontang dalam status zero kasus, ” kata Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Sabtu 28 Mei 2022.

BACA JUGA:   BMKG Balikpapan Deteksi 11 Titik Panas di Tiga Kabupaten di Kaltim

Menurut Andi, sebelumnya memang ada lima wilayah yang berstatus zona hijau COVID-19, namun dua wilayah yakni Paser dan Penajam Paser Utara kembali ditemukan kasus positif baru, sehingga kedua wilayah tersebut melepaskan lagi status zero kasus yang pernah disandang.

” Untuk wilayah yang telah bebas dari virus corona memang terjadi penurunan, dari sebelumnya lima wilayah menjadi tiga wilayah, namun melihat data penderita COVID-19 hampir semua daerah berhasil menekan laju pertumbuhan kasus, saat ini di setiap wilayah hanya tinggal kurang dari lima orang penderita virus corona,” beber Andi Muhammad Ishak.

BACA JUGA:   BMKG Deteksi 33 Titik Panas di Enam Kabupaten di Kaltim

Andi menjelaskan temuan kasus positif baru masih terus terjadi dalam setiap hari, meskipun dalam jumlah yang kecil.

Oleh sebab itu, Andi terus mengingatkan kepada masyarakat untuk terus waspada terhadap potensi penularan virus.

” Intinya tetap jaga kesehatan, dan kami anjurkan ketika kondisi kurang sehat untuk istirahat di rumah dan hindari kegiatan di luar rumah,” pesan Andi.

Andi berharap ancaman pandemi COVID-19 ini segera berakhir, seiring dengan kebijakan pemerintah yang sudah mulai mengendurkan aturan untuk berbagai kegiatan masyarakat.

ANTARA