SMA IT Arafah Sampit Implementasikan Kurikulum Merdeka di Tahun Pelajaran 2022/2023, Apa Dampaknya Pada Peserta Didik?

(IST/BERITA SAMPIT) - Guru SMA IT Arafah Sampit saat mengikuti In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka.

SAMPIT – Saat ini kebanyakan masyarakat memandang bahwa nilai di rapor adalah acuan keberhasilan proses pendidikan. Padahal esensi yang sesungguhnya diharapkan dalam pendidikan bukanlah itu, melainkan terwujudnya pribadi-pribadi alumni yang memiliki keimanan dan ketaqwaan yang matang, berakhlak mulia dan memiliki kemampuan berkolaborasi dan berkontribusi positif di lingkungan dan masyarakat.

Sebagai wujud komitmen sekolah dalam upaya memberikan pelayanan pendidikan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan peserta didik, SMA Islam Terpadu Arafah menyelenggarakan In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka, dengan mendatangkan narasumber Komalasari, S.Pd, M.Pd dari BPMP Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Mayat Bayi Perempuan Ditemukan Hanyut di Sungai Mentaya

Dalam kegiatan in house training ini guru SMA IT Arafah Sampit diberikan pembekalan tentang struktur kurikulum merdeka, assessment dan Profil Pelajar Pancasila yang akan menjadi model pembelajaran untuk siswa kelas X tahun pelajaran 2022/2023.

Hal yang menjadi diskusi menarik dalam in house training ini adalah kurikulum merdeka memberikan porsi yang cukup intens mendorong siswa membuat sebuah proyek yang berdampak terhadap lingkungannya. Ini akan memberikan pengalaman belajar yang sangat bermakna bagi peserta didik.

BACA JUGA:   Luncurkan Aplikasi Enkape, Kelurahan Baamang Hilir Ingin Menghindari Pungli

Sejalan dengan visi misi sekolah kehadiran Implementasi Kurikulum Merdeka diproyeksikan akan berdampak positif dan signifikan dalam mengembangkan potensi terbaik peserta didik. Berdasarkan hal tersebut, sekolah akan mengembangkan dan terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan yang berdifersifikasi berdasarkan karakteristik masing-masing peserta didik.

“Dengan mengimplementasikan kurikulum ini, kami menginginkan siswa-siswi kami benar-benar dapat mengembangkan potensinya sehingga menjadi generasi yang unggul dan dapat menjadi pelopor kemajuan di lingkungannya,” ujar Kepala SMA IT Arafah Sampit, Fahri melalui rilis yang diterima beritasampit.co.id, Sabtu 28 Mei 2022.

(Rilis/beritasampit.co.id)