Tingkatkan PAD, Penggalian Retribusi dan Pajak Harus Optimal

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. (ANTARA/Publikasi DPRD Seruyan.)

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkaitnya agar jangan sampai ada potensi retribusi dan pajak yang terlewat atau tidak tergali.

“Kalau bisa, kami minta agar penggalian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor retribusi dan pajak itu jangan sampai ada yang terlewat. Harus betul-betu dimaksimalkan,” kata Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto, Sabtu 28 Mei 2022.

BACA JUGA:   Optimalkan Pengelolaan Aset Yang Potensi Tingkatkan PAD

Dijelaskannya, pemerintah daerah harus melakukan evaluasi setiap tahunnya dan merumuskan perencanaan terkait dengan penggalian PAD pada sektor retribusi dan pajak. “Dengan bermodalkan data yang sudah ada dari tahun sebelumnya, itu dievaluasi. Retribusi dan pajak mana saja yang kira-kira optimal dan mana yang belum, serta potensi apa lagi yang bisa digali,” ujarnya.

Karena menurutnya, retribusi maupun pajak merupakan sektor yang sangat potensial untuk meningkatkan realisasi PAD Seruyan asalkan bisa tergali secara optimal.

BACA JUGA:   DKPP Seruyan Diminta Bantu Pengolahan Lahan Pertanian

Dan seiring dengan telah disetujuinya beberapa rancangan peraturan daerah (raperda) yang diusulkan oleh Pemkab Seruyan kepada DPRD Seruyan, ia berharap juga bisa menjadi langkah nyata dalam rangka peningkatan realisasi PAD.

“Karena diantara tujuh raperda yang diajukan itukan ada beberapa yang menyasar atau berorientasi pada peningkatan PAD. Maka dari itulah, kita berharap agar penggalian pada retribusi dan pajak ini betul-betul maksimal,” harapnya.