Dishub Barsel Akan Terima Dana Hibah Perbaikan Dermaga Pasar Lama Buntok dari Provinsi

DEDDY/BERITA SAMPIT: Kadishub Kabupaten Barsel Ir. Daud Danda.,MM

BUNTOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dalam waktu dekat ini akan menerima dana hibah sebesar Rp200 juta dari Dishub Provinsi Kalteng yang diperuntukan untuk perbaikan dermaga pasar lama Buntok yang kondisinya sudah tidak layak fungsi.

“Perbaikan dermaga pasar lama tersebut adalah untuk mengantisipasi agar ponton dermaga tidak hanyut terbawa arus air DAS Barito yang pernah terjadi beberapa waktu yang telah lalu,” kata Kepala Dishub Barsel Ir. Daud Danda saat ditemui diruang kerjanya, Jumat 10 Juni 2022.

Dikatakannya, sebelum diperbaikinya dermaga pasar lama ini untuk mengantisipasi agar tidak hanyut kembali terbawa derasnya arus air maka salah satu caranya adalah dengan cara diikat.

“Semoga saja dalam waktu dekat ini, akan segera menerima dana hibah dari Dishub Provinsi Kalteng untuk perbaikan dermaga pasar lama ini mengingat dermaga ini selalu ramai aktifitas masyarakat setiap harinya, baik yang datang dan pergi menggunakan sarana air seperti speed boat maupun kapal penumpang jurusan Banjarmasin-Muara Teweh,” katanya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Barsel Resmikan Aplikasi Sistem Informasi Statistik Sektoral dan Whistleblowing

Menurutnya, untuk saat ini dirinya juga belum mengetahui dengan pasti apakah hibah dana tersebut nantinya untuk perbaikan ponton dermaga atau perbaikan jembatan menuju dermaga.

“Yang jelas semua itu tidak menjadi masalah, yang mana didahulukan untuk diperbaiki asalkan dermaga pasar lama ini bisa dioperasionalkan dengan aman tidak merasa was-was takut akan terbawa arus air serta berguna bagi masyarakat,” jelasnya.

Awal pembangunan dermaga pasar lama ini lanjutnya, dulunya oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Kalteng termasuk statusnya masih milik provinsi. Ia berharap secepatnya dermaga ini bisa dihibahkan ke Dishub Kabupaten Barsel.

“Sebab prosesnya, sudah ditangani oleh Dirjen Perhubungan dan apa sudah diajukan ke Presiden atau belum sama sekali,” terangnya.

BACA JUGA:   Realisasi PAD Barsel hingga Mei 2022 Capai 38,43 Persen

Dikatakan, sebelumnya pihaknya mengajukan hibah untuk dua dermaga yakni dermaga pasar lama Buntok dan Pendang Kecamatan Dusun Utara (Dusut) kata Daud Danda, anggaran dana pembangunannya adalah diatas Rp10 miliar dan harus melalui persetujuan serta ditandatangani oleh Presiden. Sedangkan dibawah Rp10 miliar maka oleh pihak Dirjen yang menentukannya.

“Kalau 10 miliar sudah disetujui oleh pihak Dirjen, namun dikarenakan harus melalui Presiden mungkin prosesnya masih panjang,” ungkap Daud Danda.

“Pastinya hingga saat ini kita tetap memantau terus perkembangan terbaru kalau bisa secepatnya lebih baik agar di tahun anggaran kedepannya Pemerintah Daerah dapat menganggarkan untuk perbaikan termasuk juga pemeliharaan dermaga pasar lama ini,” pungkas Daud Danda. (Ded/beritasampit.co.id)