Layanan Call Center 112 Mulai Dimanfaatkan Oleh Masyarakat

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu saat memimpin rapat kolaborasi 112 Fairid-Umi Siaga di kantor DPKP Palangka Rata belum lama ini.

PALANGKA RAYA – Layanan call center 112 yang dikelola Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini mulai dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dengan adanya layanan call center 112 tersebut, merupakan salah satu wujud nyata pelayanan prima dan implementasi visi-misi Walikota dan Wakil Wali Kota yakni terwujudnya Kota Palangka Raya yang smart city.

Menanggapi hal tersebut, Sekretariat Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu menyebutkan, layanan call center 112 tersebut semakin dikenal luas oleh masyarakat.

“Iya, bisa dikata nomor ini sudah menjadi andalan warga Palangka Raya saat membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan,” ujar Hera Nugrahayu pada saat memimpin rapat kolaborasi 112 Fairid-Umi Siaga di kantor DPKP Palangka Rata belum lama ini.

BACA JUGA:   Wali Kota Palangka Raya: 26 Kelurahan Tetap di Zona Hijau COVID-19

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, layanan call center 112, merupakan terobosan yang diresmikan sejak 2021. Dimana layanan cepat itu disiapkan untuk menerima aduan kegawatdaruratan. Seperti permintaan ambulance, penanganan kebakaran, kecelakaan, kejadian tindak kriminal, penanganan pohon tumbang dan penanganan kegawatdaruratan lainnya.

Diketahui, ada 16 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Palangka Raya yang aktif untuk memberikan pertolongan sesuai kebutuhan masyarakat. Adapun OPD yang bergabung di antaranya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), RSUD Kalampangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Polresta dan Kodim.

BACA JUGA:   Muhammadiyah Palangka Raya Gelar Aksi Sosial Donor Darah

Kemudian ada dari unsur kecamatan, seperti layanan ambulans Kecamatan Pahandut, Jekan Raya hingga Dinkes Pustu Ambulans. Berikutnya ada juga dari Dinas Perkim, Rescue Damkar, Mako Damkar, Posko Damkar Tangkiling dan comand center.

“Kami menyadari, masyarakat tentu memerlukan layanan seperti inilah yang aktif 24 jam. Semua pelayanannya gratis. Terima kasih kepada seluruh OPD yang terlibat dalam layanan ini,” tutup Hera Nugrahayu. (M.Slh/beritasampit.co.id).