DPRD Kalteng Dukung Regulasi terkait Mutasi Kendaraan

Hardi/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Freddy Ering

PALANGKA RAYA –  Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering menyambut baik adanya usulan dibentuknya regulasi terkait mutasi kendaraan dari plat non KH menjadi KH.

Legislator yang membidangi hukum, pemerintahan, dan keuangan ini menilai, perlunya unsur kehati-hatian adalah untuk menghindari terjadinya benturan baik dengan peraturan daerah (perda) maupun peraturan gubernur (pergub) yang sudah ada.

“Kami mendukung adanya regulasi terkait mutasi kendaraan bagi kendaraan plat non KH yang sudah operasional tiga bulan ke atas. Tapi memang harus ada unsur kehati-hatian. Jangan sampai kita meluruskan regulasi yang justru berbenturan dengan aturan yang lain,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Minggu 12 Juni 2022.

BACA JUGA:   Kalteng Perlu buat Pergub Minerba untuk Tindaklanjut Perpres 55/2022

Dirinya menambahkan, aturan atau regulasi yang dibentuk dapat menjadi dasar bagi aparat kepolisian, dan pihak terkait untuk menertibkan, serta melakukan tindakan sanksi di lapangan. Apalagi, saat ini cukup banyak kendaraan berplat non KH yang beroperasi di Kalteng, terutama kendaraan milik perusahaan, baik pertambangan, perkebunan, dan lainnya.

Dengan ketegasan melalui pembentukan regulasi diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) Kalteng untuk memajukan pembangunan daerah.

BACA JUGA:   Potensi Pengembangan Ikan Perlu Ditingkatkan

“Kalau ditelusuri, sebenarnya DPRD Kalteng pernah membuat aturan terkait angkutan jalan. Untuk itu perlu dilakukan pengkajian kembali. Kalau saja dalam aturan itu sudah memuat aturan mengenai mutasi kendaraan non KH. Tinggal kita menyesuaikan,” pungkasnya. (Hardi/beritasampit.co.id)