Wagub Kalteng Minta Jamkrida Optimal Berkontribusi Tingkatkan PAD

Wagub Kalteng Edy Pratowo. (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)

PALANGKA RAYA – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) dituntut mampu secara optimal untuk turut berkontribusi dalam upaya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Hal ini sesuai tugas dan fungsi Jamkrida, salah satunya meningkatkan kesejahteraan rakyat serta memberikan kontribusi bagi pendapatan daerah,” kata Edy di Palangka Raya, Minggu 12 Juni 2022.

Untuk itu dia meminta Komisaris Utama, Komisaris Independen serta Direktur Keuangan Jamkrida Kalteng yang baru dilantik agar bekerja secara maksimal, membangun sinergi kepada seluruh pemangku kepentingan, sehingga diharapkan menjadi penggerak roda perekonomian daerah.

Adapun baru saja Pemprov Kalteng melaksanakan pelantikan jajaran pejabat pada Jamkrida tersebut, berdasarkan Keputusan Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan nomor: KEP-219/NB.11/2022, Nomor: KEP-218/NB.11/2022 dan nomor: KEP-97/NB.11/2022 tanggal 23 Februari dan 18 April 2022.

BACA JUGA:   Wagup Kalteng Jalin Sinergisitas Bersama Dalam Membangun Kalteng

Sebagai Komisaris Utama PT. Jamkrida Kalteng Rahmat Nasution Hamka, Komisaris Independen Agustinus Tahan, serta Direktur Keuangan Rio Kriswana.

Edy meminta agar Jamkrida dapat terus memberikan sumbangsih terhadap pembangunan di Kalteng, yakni sebagai badan usaha milik daerah mampu memberi wadah usaha secara lebih terencana dan terorganisir.

“Hal ini dalam rangka mempercepat pembangunan dan perekonomian daerah, serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” tuturnya yang pernah menjabat Bupati Pulang Pisau tersebut.

Pemprov mengapresiasi kinerja dan berbagai capaian Jamkrida Kalteng, di antaranya sejak berdiri pada 2014 sampai sekarang, Jamkrida selalu mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Akuntan Publik, terus mengalami pertumbuhan usaha, dan pada akhir tahun buku posisi keuangannya selalu positif.

BACA JUGA:   BerAKHLAK Harus Menjadi Budaya Kerja ASN

Jamkrida Kalteng juga sudah menjamin para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan Koperasi, baik perorangan maupun non perorangan. Oleh karenanya, wagub terus mendorong Jamkrida dapat berkontribusi secara maksimal dalam pembangunan ekonomi daerah.

Kemudian mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kalteng, baik Jamkrida maupun lainnya untuk bersama-sama mendukung upaya Pemprov memacu pemulihan ekonomi daerah, sehingga kehidupan masyarakat lebih meningkat demi terwujudnya Kalteng Semakin Berkah.

ANTARA