Dandim Palangka Raya Launching Kelurahan Kalampangan Jadi Kampung Pancasila Berkah

IST/BERITA SAMPIT - Dandim 1016 Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan saat me-launching Kelurahan Kalampangan sebagai Kampung Pancasila Berkah

PALANGKA RAYA – Komandan Kodim (Dandim) 1016 Palangka Raya Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, me-launching Kelurahan Kalampangan sebagai Kampung Pancasila Berkah, kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kelurahan Kalampangan, Sabtu 2 Juli 2022.

“Rekan-rekan Forkopimda telah mendukung kegiatan ini, sehingga perintah Kasad, dan Danrem 102/Pjg untuk membuat Program unggulan berupa pembentukan Kampung Pancasila Berkah bisa terwujud yang akan kita resmikan hari ini. Kampung Pancasila Berkah (Bermartabat, elok, Religius, kuat, amanah dan Harmonis) ini senada dengan visi dan misi Pemerintah Kota Palangka Raya yang dibawah pimpinan Walikota Palangka Raya Fairid Naparin, menjadi salah satu tolak ukur, dalam Rencana pembangunan Kota Palangka Raya yang mendapat julukan Kota Cantik (Kota terencana, Aman, Nyaman, Tertib, Indah dan diakhiri Keterbukaan),” ucapnya.

BACA JUGA:   DLH Palangka Raya Lakukan Pembasahan Lahan Cegah Karhutla

Selain itu juga, untuk mewujudkan Kota Palangka Raya yang maju, rukun, dan sejahtera yaitu smart environment (lingkungan cerdas) yang meliputi pembangunan infrastruktur, teknologi informasi, pengelolaan sektor energi, pengelolaan air, pengelolaan limbah, manajemen bangunan, tata ruang dan transportasi.

Dirinya menambahkan, mewujudkan kerukunan seluruh elemen masyarakat smart society (masyarakat cerdas), yang meliputi pengembangan kesehatan, pendidikan, kepemudaan, layanan publik, kerukunan, keamanan, dan Mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota Palangka raya smart economy (ekonomi cerdas) meliputi pengembangan industri, usaha kecil dan menengah, pariwisata, dan perbankan.

“Namun hal tersebut tidaklah cukup ucap Dandim, untuk melakukan perubahan yang signifikan bagi suatu Daerah menuju Kampung Pancasila Berkah. mewujudkan perubahan menuju Kampung Pancasila Berkah diperlukan kerja keras dan sinergi segenap komponen masyarakat, TNI /Polri maupun Pemerintah daerah,” lugasnya.

BACA JUGA:   Mantan Bendahara Disdik Katingan Minta Dibebaskan

Kodim 1016 Palangka Raya, Korem 102/Pjg, dan jajaran sebagai Komando kewilayahan dan merasa terpanggil untuk turut berkontribusi menuju perubahan.

Hal tersebut didasari semangat mengamalkan delapan wajib TNI, butir kedelapan yaitu senantiasa menjadi contoh dalam mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Implementasi dari hal tersebut Kodim 1016/Plk, Korem 102/Pjg dan jajarannya untuk mencanangkan Kampung Pancasila Berkah. (Hardi/beritasampit.co.id)