Presiden Jokowi Djadwalkan Jadi Inspektur Upacara HUT Ke-76 Bhayangkara

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan. (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara HUT Ke-76 Bhayangkara yang dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa 5 Juli 2022.

“Presiden Joko Widodo berkenan menjadi inspektur upacara. Adapun pelaksanaan kegiatan upacara dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara Akpol,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp di Jakarta, Senin 4 Juli 2022.

Diinformasikan pula, Ibu Negara Iriana Jokowi turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Semarang tersebut.

Selain itu turut pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Ramadhan menyebutkan upacara tersebut melibatkan 1.996 personel yang terdiri atas unsur Polri, TNI, dan eksponen masyarakat.

Pada peringatan hari ulang tahun Polri tahun 2022 mengangkat tema “Polri yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh”.

Selain upacara, acara diisi dengan berbagai atraksi dan pertunjukan, mulai atraksi tari kolosal dipadukan dengan terjun bebas oleh personel TNI dan Polri, “fly pass” helikopter dan penampilan Marching Band Pelopor Cenderawasih dari Taruna Akademi Kepolisian.

BACA JUGA:   8 Investor Domestik Kembangkan Industri Perikanan Indonesia Timur

“Setelah upacara, kegiatan dilanjutkan dengan Festival Hari Bhayangkara Ke-76 yang menampilkan Ekspo Alat Material Khusus (Almatsus) Polri, pasar rakyat, lomba mural, dan lomba musik musisi jalanan,” katanya.

Untuk pesta rakyat, kata dia, dilaksanakan di Lapangan Taruna Bhayangkara. Adapun stan terdiri atas enam area, di antaranya UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster presisi, pengobatan gratis, permainan anak, dan hiburan rakyat.

“Ada pula lomba musik musisi jalanan dan kesenian antarpelajar, penampilan musik Polda Jateng serta pameran mural,” terangnya.

Acara ini terbuka untuk umum dan diperkirakan masyarakat Jateng bakal hadir meramaikan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ini, paparnya.

Untuk mengantisipasi penularan COVID-19, kata dia, masyarakat yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan menaati protokol kesehatan.

“Untuk kegiatan tetap dilakukan dengan penetapan prokes yang ketat. Untuk pasukan upacara, semuanya sudah melakukan swab antigen dan telah menerima vaksin booster,” kata Ramadhan.

BACA JUGA:   Subsidi BBM Regresif, Dinikmati Kelompok Kaya Mesti Diubah Jadi Bantuan Tunai

Guna mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas yang menyebabkan kemacetan di sekitar Akpol Semarang, Polda Jawa Tengah dan Polrestabes Semarang menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Jalan Papandayan.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol. M Iqbal Alqudusy mengatakan pada Selasa (5/7) saat kegiatan mulai pagi hingga siang hari, arus lalu lintas di Jalan Papandayan Semarang akan dibuat satu arah

“Dari Kagok menuju Sampangan, Jalan Papandayan Raya akan dibuat satu arah.Untuk warga yang menuju Jalan Kagok bisa melintas di Jalan Tumpang Raya,” kata Iqbal.

Rekayasa lalu lintas ini bersifat sementara. Setelah rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara di Akpol selesai, kata Iqbal, arus lalu lintas akan dikembalikan seperti semula.

“Pengalihan arus ini bersifat sementara untuk memudahkan warga yang melintas di Jalan Papandayan dan sekitarnya. Untuk itu kami mohon partisipasi dan kerja sama warga kota Semarang,” ujarnya.

ANTARA