Penghormatan Terakhir, Kodim 1016/Plk Laksanakan Pemakaman Purnawirawan Secara Militer

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pemakaman Almarhum Mayor Inf (Purn) Kartomo secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1016 Palangka Raya Letkol Inf Abdul Salim memimpin upacara pemakaman Almarhum Mayor Inf (Purn) Kartomo secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sanaman Lampang Palangka Raya, Rabu 6 Juli 2022.

Dalam upacara pemakaman tersebut, Letkol Inf Abdul Salim menyampaikan, bahwa sebagai perwujudan hadirnya Negara dan TNI, dalam memberikan penghormatan, serta penghargaan terakhir kepada Almarhum.

“Baru saja kita saksikan bersama pemakaman Jenazah Almarhum Mayor Inf Purnawirawan Kartomo di Taman Makan Pahlawan Palangka Raya. Almarhum meninggal dunia karena sakit, atas nama Komandan Kodim 1016 Palangka Raya dan keluarga besar TNI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum ke tempat peristirahatan yang terakhir,” katanya.

BACA JUGA:   Masyarakat Palangka Raya Diajak Maksimal Pengelolaan dan Pemanfaatan Potensi Perikanan

Semasa hidupnya almarhum telah menghabiskan waktu dan tenaga, guna mendarma bhaktikan untuk kepentingan bangsa dan negara, salah satunya pernah menjabat sebagai Perwira seksi teritorial (Pasiter) Kodim 1016/Plk Oleh karena itu, marilah kita semua sama-sama mendoakan almarhum agar diterima di sisi Tuhan yang Esa.

Sebagai umat yang beragama, tentunya dimaklum karena peristiwa kematian semacam ini tidak akan lepas menjemput semua orang, karena setiap makhluk hidup pada akhirnya pasti akan mengalami kematian, hanya masalah waktu, tempat dan penyebab mungkin berbeda, yang semua itu merupakan rahasia Tuhan.

BACA JUGA:   Membentuk Sikap dan Perilaku Disiplin, SMKN 3 Palangka Raya Ikuti PBB

Dia menjelaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, oleh karena itu Kodim 1016 Palangka Raya melaksanakan prosesi pemakaman militer, yang mana merupakan perwujudan dari penghormatan terakhir kepada almarhum sebagai Purnawirawan TNI AD yang telah mengabdikan dirinya bagi bangsa dan negara. (Hardi/beritasampit.co.id).