Rotan Jadi Salah Satu Hasil SDA Andalan di Dapil III

Anggota DPRD Seruyan Atinita

KUALA PEMBUANG – Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika rotan menjadi salah satu komoditas atau hasil Sumber Daya Alam (SDA) andalan di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.

Anggota DPRD Seruyan Atinita menyebut, alasan yang membuat rotan menjadi salah satu unggulan di wilayah setempat karena bisa disimpan dalam kurun waktu yang lebih lama.

BACA JUGA:   PBS Diminta Realisasikan Kesepakatan Pembelian Harga TBS

“Selain itu, untuk pemasaran sendiri kita mengharapkan di Jagoi Babang yang dekat Malaysia. Tapi untuk penampungan juga sudah ada yang menetap di Desa Tumbang Darap itu,” katanya, Rabu 6 Juli 2022.

Dikatakannya, untuk kulitnya sendiri akan dibawa ke Jagoi Babang sedangkan jantungnya di bawa ke Banjarmasin untuk dianyam.

Sementara itu, untuk harga rotan dengan panjang 2,60 meter dengan isi per ikat sebanyak 1000 bilah di Seluas adalah Rp70.000. Sedangkan untuk harga eceran dipinggiran sendiri hanya Rp30.000 per ikat.

BACA JUGA:   Benahi Sistem Penyedian dan Pendistribusian Obat-Obatan

“Tapi sebenarnya wajar, karena itu untuk biaya angkut mencapai Seluas yang sangat jauh. Biaya tansport, belum lagi bongkar muatnya. Jadi untuk rotan memang masih jadi unggulan di sana selain kopi dan karet,” pungkasnya.