Festival Budaya Penyang Hinje Simpei Ajang Promosi Daerah

KAWIT/BERITA SAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas saat menari manasai didamping Sekretaris Daerah Pransang di malam Pembukaan Festival Budaya Penyang Hinje Simpei.

KASONGAN – Festival Budaya Penyang Hinje Simpei (FBPHS) tahun 2022 di ikuti 13 kontingen Kecamatan Se-Kabupaten Katingan. Ada empat cabang olahraga yang diperlombakan yaitu Lomba Karungut, Lawang Sekepeng, Manyipet hingga lomba Tari daerah.

Ketua Panitia FBPHS Risnaduar mengatakan kegiatan ini merupakan upaya melestarikan dan menumbuh kembangkan seni dan budaya. Selain itu juga memperkenalkan budaya lokal sekaligus wadah para seniman menampilkan kearifan khas masing-masing kecamatan.

Diharapkan dengan kegiatan FBPHS ini mampu mendorong minat para wisatawan lokal maupun mancanegara bisa berkunjung di Kabupaten yang berjuluk Penyang Hinje Simpei (Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama).

BACA JUGA:   Bupati Katingan: Terbentuknya TP2DD Sebagai Langkah Awal¬†Pengembangan Digitalisasi Pembayaran

“FBHS merupakan salah satu sarana untuk promosi seni budaya dan pariwisata di Katingan, harapanya dengan agenda rutin ini mampu menarik para wisatawan berkunjung ke Katingan dengan tetap memperhatikan kearifan lokal,” ungkap Risnaduar yang juga Kadis Disporbudpar Katingan.

Dia berharap agenda Festival Budaya bisa diagendakan secara kontinu atau rutin dengan artinya terjadwal secara konsisten. Misalnya setiap tanggal 15 Juli. Hal ini penting agar para wisatawan dan masyarakat bisa mempersiapkan diri mengikuti kegiatan atau menyaksikan festival tersebut.

BACA JUGA:   Bupati Katingan Berharap KPU Bisa Mengulangi Kesuksesan Penyelenggaraan pada Pemilu Tahun 2024

Sebanyak 365 orang peserta terdiri dari Kontingen Kecamatan Katingan Kuala 8 Orang, Mendawai 38 Orang, Kamipang 24 Orang, Tasik Payawan 17 Orang.

Kemudia Katingan Hilir 42 Orang, Tewang Sangalang Garing 28 Orang, Pulau Malan 30 orang, Katingan Tengah 35 Orang, Sanaman Mantike 42 Orang, Marikit 22 Orang, Katingan Hulu 31 Orang, Petak Malai 25 Orang, Bukit Raya 17 Orang. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 13-15 Juli 2022 dipusatkan di Lapangan Sport Center Kereng Humbang, Kasongan.

(Kawit/Beritasampit.co.id)

(Visited 21 times, 1 visits today)