Generasi Muda Harus Berkepribadian Luhur dan Mencintai Tanah Air

IST/BERITA SAMPIT - Danramil 1016-01/Pahandut Mayor Inf Rudiyanto saat memberikan materi bela negara kepada para pelajar SMA Wilayah Kota Palangka Raya di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Jalan Diponegoro, Rabu 03 Agustus 2022.

PALANGKA RAYA – Danramil 1016-01/Pahandut Mayor Inf Rudiyanto memberikan materi bela negara kepada para pelajar SMA Wilayah Kota Palangka Raya untuk menanamkan kedisiplinan, kekompakan dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara serta menciptakan kemanunggalan rakyat dengan TNI.

“Para pelajar diberikan materi wawasan kebangsaan bertujuan agar peserta pelatihan, memiliki rasa cinta tanah air dan mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi, sehingga para peserta bisa mengerti dan mampu melestarikan budaya yang ada di Indonesia,” katanya di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Jalan Diponegoro, Rabu 03 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Sambut MTB Word 2022, Palangka Raya Tingkatkan Pengelolaan Wisata

Bentuk bela negara dalam kehidupan sehari-hari, yaitu belajar yang rajin dan jauhi narkoba, karena dapat merugikan diri sendiri dan orang tua serta Bangsa Indonesia.

Selain itu, ikut serta menjaga lingkungan, saling asah, asih dan asuh, senantiasa saling berkomunikasi dengan setiap komponen masyarakat, jaga kerukunan umat beragama serta mampu berprestasi dengan membawa nama Bangsa Indonesia di luar negeri.

BACA JUGA:   Atlet Indonesia Siap Berikan yang Terbaik di Kualifikasi UCI MTB

“Maksud dari kegiatan ini di samping untuk memberikan bekal pengetahuan praktis, juga untuk menumbuhkan semangat bela negara guna mendorong dan meningkatkan kreasi kepramukaan kepada generasi muda pewaris masa depan bangsa,” jelasnya.

Ia berharap, agar para generasi muda pewaris perjuangan bangsa dapat menjadi manusia berkepribadian luhur, berjiwa pancasila dan mencintai tanah airnya. (Hardi).