Kapolres Kobar Dengan Terbuka Tetap Menindak Tegas Anggota Melanggar Hukum

    Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Bayu Wicaksono, saat menggelar Press Release di hadap para awak media.

    PANGKALAN BUN – Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono dengan terbuka dihadapan para awak media, bahwa Polri tetap akan menindak tegas kepada oknum anggotanya yang melanggar hukum.

    Hal tersebut diungkapkan dengan terbuka oleh Kapolres Kobar AKBP Bayu Wicaksono, saat gelar Press Release Senin, 8 Agustus 2022. “Saya terbuka, tidak akan menutupi karena pelakunya benar oknum Polisi,” kata Kapolres.

    Seraya mengatakan, oknum Briptu Hartono, yang telah dipecat dengan tidak hormat dari jabatannya karena melanggar disiplin, melakukan tindakan desersi atau meninggalkan tugas dalam kurun waktu lama.

    “Kemudian mantan oknum anggota Polisi tersebut dilaporkan telah melakukan penipuan/ingkar janji penjualan kendaraan roda 4 kepada korban, sehingga korban mengalami kerugian sekitar Rp 110 juta, yang saat ini sedang ditangani Reskrim Polres Kobar,” ujar Kapolres.

    Menurut Kapolres, korban berinisial MO sebelumnya dikenalkan oleh seseorang kepada Hartono pada 8 Oktober 2021 disebuah rumah di Jalan Cilik Riwut I Kelurahan Madurejo, dan Hartono saat itu menawarkan sebuah mobil merek Fortuner dengan harga Rp 135 juta.

    “Oleh korban mobil tersebut ditawar Rp 110 juta, akhirnya dengan harga tersebut disepakati oleh kedua belah pihak. Dan sebagai tanda janji korban memberikan uang Rp 5 juta kepada tersangka,” imbuh Kapolres.

    Beberapa hari kemudian, tersangka minta uang lagi kepada korban untuk mengurus surat-surat pembelian mobil, dan juga dihari-hari berikutnya tersangka minta lagi uang kepada korban, sampai jumlahnya Rp 110 juta.

    “Setelah korban mengirim uang dengan jumlah Rp 110 juta, ternyata mobil Fortuner tidak kunjung datang kepada korban. Akhirnya korban merasa ditipu oleh tersangka, dan korbanpun melaporkan ke Polres Kobar kemudian tersangka ditangkap. Dan tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman maksimal 4 tahun penjara,” jelas Kapolres.

    Dalam acara Press Release, selain ekspos gelar kasus penipuan juga Kapolres menggelar sejumlah kasus kriminal lainnya, seperti kasus penyalahgunaan narkoba dan pencurian kendaraan sepeda motor, didampingi Kasat Reskrim dan Kasat Narkoba Polres Kobar. (Man).

    (Visited 3 times, 1 visits today)