Barito Timur Alokasikan Rp2,2 Miliar untuk Program Sawit Masyarakat

Ilustrasi - Kawasan perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Tengah.ANTARA/Kasriadi

TAMIANG LAYANG – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengalokasikan dana sebesar Rp2,2 miliar dalam APBD Perubahan 2022 untuk mendukung Program Sawit Masyarakat (PSM) di daerah setempat.

“Anggaran PSM itu terakomodasi pada APBD Perubahan 2022 sebesar Rp2,2 miliar yang dikhususkan untuk pembukaan lahan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur Trikorianto di Tamiang Layang, Senin 10 Oktober 2022.

Menurut dia, pembukaan lahan PSM akan segera dilaksanakan pelaksanaan di lapangan, yakni pembersihan lahan atau land clearing.

BACA JUGA:   Pedagang Gorengan di Sampit Jadi Korban Uang Palsu

Percepatan untuk mendata luasan lahan, kata dia, dilaksanakan Oktober 2022 ini. Setelah selesai dilanjutkan penyampaian laporan kepada bupati untuk penerbitan surat keputusan sebagai ketetapan penerima bantuan agar benar-benar tepat sasaran.

“Finalisasi luasan itu seperti pengukuran luas lahan milik masyarakat yang sudah terdata pada tim data dan verifikasi, dengan melakukan pengecekan secara faktual atau lapangan kembali,” kata dia.

Dia mengatakan, penerima program akan menerima uang tunai sesuai peruntukan dengan kriteria setiap kepala keluarga (KK) hanya diperbolehkan satu hektare dengan nilai Rp2,5 juta yang bersifat mengikat sebagaimana dalam isi surat perjanjian.

BACA JUGA:   Optimalkan Penanggulangan Bencana, Pemkab Barito Timur Bentuk Satgas

Pada 2023 mendatang, PSM dilanjutkan dengan pemberian bibit dan pupuk kepada penerima yang telah membuka lahan. Sedangkan proses penanaman dan pemeliharaan akan dikawal langsung dari tim penyuluhan.

“PSM merupakan program jangka panjang yang dirancang Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menekan inflasi daerah,” kata dia.

(ANTARA)

(Visited 23 times, 1 visits today)