Ketua DPRD Palangka Raya Pimpin Upacara Peringatan HSP

IM/BERITA SAMPIT - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto bertidak sebagai pimpinan upacara saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Pelaksanaan peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Sumpah Pemuda (HSP) di Kota Palangka Raya dipimpin oleh Ketua DPRD kota setempat mengantikan Walikota Farid Naparin yang sedang dalam kondisi kurang sehat.

Dalam sambutannya sebagai pimpinan upacara HSP mengantikan Walikota, Ketua DPRD Kota Sigit K Yunianto menyampaikan, Hari kesaktian Pancasila adalah hari pengingat bagi seluruh Warga Indonesia, akan kuatnya ideologi yang sudah kita anut selama puluhan tahun ini.

Hari Kesaktian Pancasila kita peringati setiap tanggal 1 Oktober, adapun tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 adalah “Bangkit Bergerak Bersama Pancasila”.

“Sejarah membuktikan bahwa tidak akan ada satupun hal yang bisa merobohkan Pancasila sebagai landasan dan pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Indonesia. Ada begitu banyak peristiwa dan godaan yang ingin menggantikan posisi Pancasila, namun hingga saat ini, belum ada yang bisa menggeser kesaktiannya,” kata Sigit K Yunianto, Jumat 28 Oktober 2022.

Lanjut Sigit dalam sambutannya, upacara yang gelar di halaman Pemerintah Kota Palangka Raya juga sebagai pengingat bagi kita akan perjuangan pahlawan-pahlawan terdahulu dalam menjaga Pancasila. Mereka berkorban materi, raga bahkan nyawa hanya untuk memastikan keselamatan ideologi bangsa.

Sekarang, sudah lebih dari lima dekade berlalu, tugas menjaga dan mengamalkan Pancasila diteruskan kepada kita, pewaris Ideologi Bangsa. Tugas menjaga dan mengamalkan pancasila bukan hanya diserahkan kepada pemerintah atau pihak berwajib, namun juga kepada seluruh rakyat Indonesia dimanapun ia berada.

BACA JUGA:   Ribuan Ikan Patin Siap Panen Mati, Dinas Perikanan Diminta Turun Ke Lokasi

“Kita memang tidak lagi harus melawan musuh yang tampak, kita memang tidak lagi harus turun ke medan perang dengan membawa senjata. Musuh yang harus kita lawan saat ini adalah godaan untuk tidak mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu di jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan di masa yang akan datang. Dalam hal ini pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus Tujuan Pembangunan Bangsa dan Negara kita.

Sementara itu bertepatan pada tanggal 28 Oktober 2022 jajaran unsur Forkopimda, pemuda dan mahasiswa bersama-sama memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita Bangsa dan membangun Bangsa Indonesia menjadi lebih baik. Sembilan puluh empat tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air, berkumpul di sebuah gedung di Jalan Kramat Raya, daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai Satu Nusa, Satu Bangsa dan Satu Bahasa yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945,” jelas Ketua DPRD dalam sambutannya.

BACA JUGA:   1.798 Peserta Didik di Palangka Raya Terima Uang Tunai Program Indonesia Pintar

Pada saat ini juga di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah Internasional.

“Pada peringatan HSP 2022 ini, diharapkan dapat menjadi momentum untuk merefleksikan diri dan menjadi pemuda yang bisa membangun bangsa, memberikan kontribusi terbaik untuk bangsa Indonesia,” tandasnya. (im).

(Visited 18 times, 1 visits today)