Ketua Dewan Minta Penggunaan Sewa Pakai Alsintan Harus Diatur Dengan Baik

KUALA PEMBUANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Zuli Eko Prasetyo meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya agar bisa mengatur dengan baik terkait sirkulasi atau sistem sewa alat mesin pertanian (Alsintan).

Dikatakannya, terkait dengan pertanian sendiri khususnya di kabupaten setempat memang sangat potensial untuk terus dikembangkan. Namun, untuk aktivitas pertanian tentunya dalam hal ini alsintan sendiri juga mempunyai peran.

“Ini selalu disampaikan petani kepada kami juga, karena alsintan juga sangat berperan disitu seperti untuk membantu lahan untuk tanam. Maka disini harapan kami kepada dinas terkait agar sirkulasi untuk sewa pakai alsintan itu diatur dengan baik-baik,” katanya, Jumat, 11 November 2022.

BACA JUGA:   Reses Pertama, Sarana Pendidikan Jadi Prioritas Usulan

Politisi PDI-Perjuangan ini menjelaskan, diatur dengan baik yaitu waktu penggunaanna sesuai dengan kebutuhan sehingga jika sudah selesai digunakan alsintan yang di sewa di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan itu harus dikembalikan lagi.

Kendati demikian, pihaknya memang sudah sepakat terkait pengadaan alsintan untuk meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Seruyan. Akan tetapi, sewa pakai juga harus diperhatikan, agar para petani yang benar-benar sebagai petani juga bisa menggunakan alsintan.

BACA JUGA:   Dewan Ingatkan PBS Agar Prioritaskan Warga Lokal Dalam Rekrutmen Karyawan

“Harapan kami yang benar-benar petani itu bisa benar-benar terakomodir, alsintan itu kalau benar waktunya berapa untuk membuka lahan berapa hektare harus tahu dan saya yakin penyuluh pertanian lapangan juga tahu waktu penggunaannya. Artinya jika selesai menggunakan sehingga dikembalikan lagi dan bergantian,” pungkasnya.

(Visited 12 times, 1 visits today)