Peran PMI Sangatlah Penting Sebagai Mitra Strategis Pemerintah

HARDI/BERITA SAMPIT - Sekda Kalteng Nuryakin saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin menyampaikan bahwa peran Palang Merah Indonesia (PMI) sangatlah penting sebagai mitra strategis dari pemerintah, terlebih dalam berbagai pelayanan sosial kemanusiaan mulai dari pelayanan kesehatan, pelayanan darah, pelayanan bencana dan peningkatan SDM remaja dan relawan.

Tidak hanya cukup di situ, akan tetapi PMI ke depan diharapkan bisa berperan lebih aktif dalam mendukung program-program pemerintah dan aksi-aksi kemanusiaan lainnya.

“Saya berharap dari Forum Musprov ini dapat lahir berbagai ide dan terobosan baru untuk merancang program-program kerja PMI yang siap menghadapi segala tantangan dan harapan yang ada. Saya juga berharap, seluruh jajaran PMI Kalimantan Tengah menjadi garda terdepan dalam menjadikan aksi donor darah sebagai gaya hidup di tengah-tengah masyarakat,” katanya, saat membuka Musyawarah Provinsi (Musprov) di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Sabtu 12 November 2022.

BACA JUGA:   Wujudkan Kemandirian Pangan, DKP Kalteng Perkuat Kelompok Wanita Tani

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mengapresiasi apa yang selama ini dikerjakan PMI. Organisasi ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu, Pemprov Kalteng berharap PMI terus semangat bekerja untuk keselamatan manusia. PMI ke depan tetap harus mandiri dalam bekerja dan membaktikan diri menyukseskan kesejahteraan rakyat Kalimantan Tengah.

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian pengurus PMI di Kalimantan Tengah, antara lain perlu adanya kesiapsiagaan yang optimal dari seluruh jajaran pengurus PMI, mulai dari tingkat provinsi sampai kabupaten/kota dan bahkan kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, ia mengingatkan perlu adanya upaya-upaya terpadu dan terkoordinasi dengan para pemangku kepentingan atau stakeholders lainnya, terutama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Dinas Sosial secara berjenjang serta Perangkat Daerah terkait.

BACA JUGA:   Kalteng Kembali Berhasil Pertahankan Opini WTP

Dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan seluruh lapisan masyarakat, pengurus PMI Provinsi agar berkoordinasi dengan pengurus PMI kabupaten/kota untuk membentuk pengurus PMI di seluruh kecamatan, termasuk menyiapkan sukarelawan terlatih dalam kepengurusan PMI Kecamatan.

Selanjutnya, dalam agenda kerja PMI juga perlu adanya upaya-upaya pencegahan terjadinya bencana sosial akibat adanya isu-isu yang menyesatkan di tengah masyarakat.

“Saya berharap PMI ikut ambil bagian untuk meminimalisir konflik sosial yang bisa membelah masyarakat Kalimantan Tengah,” tandasnya. (Hardi).

(Visited 10 times, 1 visits today)