Sumatera Barat Juara Umum MTQ Nasional Korpri VI Tahun 2022

MenPAN RB menyerahkan Piala Juara Umum MTQ Nasional Korpri ke-VI pada Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA/Dok Diskominfotik Sumbar)

PADANG – Kafilah Provinsi Sumatera Barat berhasil menjadi Juara Umum Musabaqah Tilawatil Quran  MTQ Nasional Korpri VI di Padang setelah mengumpulkan total nilai 109, melampaui perolehan nilai peringkat II yang diraih kafilah Aceh yang mengumpulkan nilai 68.

Berdasarkan keputusan dewan hakim yang dibacakan Ketua Dewan Hakim MTQ Korpri VI, Muhammad Darwis Hude di Padang, Sabtu 12 November 2022 malam, Sumbar menjadi juara umum setelah berhasil menempatkan utusannya menjadi jawara pada beberapa cabang.

Cabang itu di antaranya Tartil Putra, Tilawah Putra, Hifzil Juz 30 Putra, Hifzil Surah Al-Baqarah Putra, Hifzil Surah Ali Imran dan An-Nisa Putri, Khat golongan Digital Putra dan Penulisan Artikel Al Quran Putri.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (MenpanRB), Abdullah Azwar Anas yang menutup secara resmi acara dua tahunan itu mengucapkan selamat atas keberhasilan kafilah yang menjadi pemenang.

BACA JUGA:   Bappenas Rekomendasikan Instrumen yang Cocok Dalam Pendanaan Proyek Kelautan dan Perikanan

“Selamat kepada Kafilah Sumbar yang berhasil menjadi yang terbaik. Juga kepada kafilah lain yang berhasil masuk sepuluh besar tahun ini. Mudah-mudahan ini menjadi pendorong untuk prestasi yang lebih baik ke depan,” ujarnya.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy sebagai tuan rumah yang dinilai berhasil menyukseskan acara di Padang.

Ia berharap MTQ yang digelar bisa menjadi media untuk lebih mengenal nilai-nilai luar biasa dalam Alquran sehingga dapat memperkuat semangat ASN BerAKHLAK.

Apresiasi serupa juga disampaikan Ketua Umum Korpri Zudan Arif Fakhruloh kepada masyarakat dan Pemprov Sumbar yang telah sukses melaksanakan MTQ VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022.

“Semangat MTQ bukan semata acara saja, tapi ada nilai membumikan Al Quran yang akan membuahkan peningkatan integritas dalam bekerja sebagai pelayan masyarakat,” kata Zudan.

BACA JUGA:   Pembelajaran ASEAN Penting Masuk Dalam Kurikulum

Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Dewan Korpri Pusat serta panitia penyelenggara acara yang sudah mengemas acara dengan sangat baik.

Ia juga menyampaikan rasa bangga kepada kafilah-kafilah terbaik yang telah mampu bersaing hingga akhir kegiatan.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemenang MTQ Nasional Korpri VI. Mudah-mudahan kafilah terus menginspirasi dan mensyiarkan Al Quran yang mulia di tengah masyarakat.

Berdasarkan keputusan Dewan Hakim peringkat 10 besar MTQ Nasional Korpri VI adalah I Sumbar (109), II Aceh (68), III DKI Jakarta (63), IV Banten (55), V Jawa Timur (51), VI Sumatera Utara (43), VII Riau (31), VIII Sulawesi Selatan (27), IX Jawa Barat (25) dan  X Kalimantan Selatan (23).

(ANTARA)

(Visited 5 times, 1 visits today)