Sejumlah Instansi Diminta Mulai Membuka Pelayanan di MPP

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Aktivitas persiapan di Lantai 2 Mal Pelayanan Publik di Jalan MT Haryono Sampit.

SAMPIT – Sejumlah instansi yang bergabung di Mal Pelayanan Publik (MPP) diharapkan secepatnya bisa memberikan pelayanan terpadu satu pintu ditempat tersebut.

“Kita harapkan sudah mulai beraktifitas lah sebelum peresmian tanggal tujuh Januari nanti, untuk DPMPTSP sendiri sudah disini semuanya,” kata Kepala DPMPTSP Kotim Imam Subekti, Rabu 4 Januari 2023.

Imam memaklumi untuk instansi terkait yang bergabung di MPP karena harus mempersiap segala peralatan terlebih dahulu, tapi dirinya berharap instansi tersebut bisa memberikan beberapa jenis pelayanan utama terlebih dahulu.

“Untuk Dinas lain bertahap lah, tergantung misalkan mereka punya 10 jenis pelayanan, mungkin dua atau tiga dulu lah sebelum persemian nanti,” tutur Imam.

MPP akan beroperasi sebagai bentuk pengintegrasian Pelayanan Publik yang antara Kementerian, Lembaga, Pemerintah Kabupaten, BUMN, BUMD, serta swasta secara terpadu pada satu tempat tersebut.

Sebelumnya, dilaksanakan sosialisasi integrasi pelayanan publik melalui Mal Pelayanan dan penandatanganan nota kesepakatan serta kesepakatan bersama. Saat itu disebutkan ada 252 jenis layanan yang siap dibuka.

“Nanti yang akan bergabung ada 252 jenis pelayanan dari beberapa intansi terkait,” ujarnya.

Sementara Sekretaris Disdukcapil Kotim Mugi Prayogi mengatakan sudah membawa beberapa peralatan dan melakukan dekorasi terhadap kantor pelayanan di MPP tersebut.

“Beberapa peralatan sudah kita siapkan, sedangkan untuk jenis pelayanan dari Disdukcapil diantaranya kartu keluarga, perekaman KTP El, Cetak KTP El, Cetak KIA, pindah datang, akta kelahiran, akta perkawinan, akta perceraian dan akta kematian,” pungkas Sekretaris Disdukcapil Mugi Prayogi.

Pantauan Berita Sampit beberapa instansi vertikal tersebut sudah melakukan pengecetan dan persiapan untuk membawa paralatan pelayanannya di MPP. Bahkan sudah melakukan dekorasi dan membawa perlengkapan pelayanannya.

(Ibra)

Follow Berita Sampit di Google News