KPU Barsel Akan Lakukan Rekrutmen PPS

DEDDY/BERITA SAMPIT: Ketua KPU Barsel Bahruddin.

BUNTOK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) telah melaksanakan beberapa tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024. Setelah melantikan 30 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), saat ini sedang mempersiapkan untuk rekrutmen terhadap penyelenggara Panitia Pemungutan Suara (PPS)

“Saat ini telah mempersiapkan untuk rekrutmen terhadap penyelenggara Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan kelurahan se-Barsel dimana tahapannya pada tanggal 24 Januari 2023,” kata Ketua KPU Barsel Bahruddin, Kamis 5 Januari 2023.

“Sesuai dengan tahapan tersebut juga sudah dibentuk untuk 93 desa dan kelurahan se-Barsel dengan masing-masing 3 orang PPS per desa dengan jumlah keseluruhan 297 orang,” sambungnya.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

Menurut Bahruddin, setelah dibentuk penyelenggara PPS tersebut pihaknya akan mencari lagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

“Dalam hal ini, tugas mereka para Pantarlih nantinya akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih. Untuk jumlah yang akan kita rekrut disesuaikan dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang kita petakan, berapa jumlah TPS dan sebanyak itu juga pantarlih yang akan kita rekrut,” jelasnya.

Adapun syarat menjadi pantarlih, bukan orang partai politik (Parpol) atau pernah menjadi tim kampanye baik pasangan calon pemilihan gubernur, bupati ataupun dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, sehat jasmani dan rohani, serta beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

Pendaftaran petugas Pantarlih akan dilaksanakan setelah PPS terbentuk. Maka di akhir Januari 2023 kita sudah membentuk Pantarlih

yang akan ditetapkan paling lambat pada tanggal 6 Februari 2023. Sebab masa kerja Pantarlih tersebut, 1 bulan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih sejak tanggal 6 Februari 2023 hingga pertengahan Maret 2023,” tukas Bahruddin.

(Ded)