Pengadaan Barang dan Jasa Berperan Penting dalam Pelaksanaan APBD Dukung Kemajuan Suatu Daerah

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menyaksikan penandatanganan kontrak pengadaan barang dan jasa di Aula Bappeda Litbang Lamandau.

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau dalam kegiatan Kick off secara resmi telah menanda tangani Kontrak pengadaan Barang dan Jasa untuk pertumbuhan daerah di Aula Bappeda Litbang Lamandau.

Penandatanganan barang dan jasa yang bertajuk Kick off ini juga digelar secara serentak di seluruh Kabupaten se-Kalimantan Tengah.

“Pengadaan barang/jasa memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mendukung kemajuan suatu daerah,” Kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam sambutannya, Kamis 12 Januari 2023

BACA JUGA:   Tingkatkan Kinerja, Kapolres Lamandau Berikan Laptop kepada Unit Kerjanya

Menurutnya, hampir sebagian besar belanja pemerintah yang dialokasikan dalam APBD dilaksanakan melalui proses pengadaan barang/jasa, seperti belanja barang, modal, bantuan sosial dan belanja hibah,” ucapnya.

Bupati mengatakan kegiatan kick off ini juga diikuti oleh 18 OPD se Kabupaten Lamandau dengan nominal sebesar Rp2.741.018.384,-

“Percepatan pelaksanaan kegiatan di tahun 2023 ini menjadi trigger kita, dengan memacu perputaran uang yang ada di wilayah kita. Tentu saja akan memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamandau,” Ungkapnya.

Bupati juga menghimbau agar segera menayangkan Rencana Umum Pengadaan (RUP) tahun 2023, dan memanfaatkan katalog lokal dalam proses transaksi pada etalase yang sudah tersedia dan harus mengutamakan produk dalam negeri dalam proses pengadaan barang dan jasa.

BACA JUGA:   Polsek Bulik Imbau Masyarakat Cegah Karhutla

“Kemudian percepat proses pengadaan barang/jasa, awasi pelaksanaan pekerjaan tersebut dan pastikan pekerjaan telah dilaksanakan sesuai kontrak yang telah ditandatangani,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir juga bersama Wakil Bupati Lamandau, Forkopimda, Sekretaris Daerah, Seluruh Kepala OPD dan penyedia barang dan jasa. (Andre)

(Visited 4 times, 1 visits today)