Pengembangan Sektor Pariwisata Menjadi Langkah Positif Dengan Pola Kerja Sama

IST/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Kalteng Sri Neni Trianawati.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Sri Neni Trianawati mengatakan, pengembangan sektor pariwisata menjadi langkah positif yang perlu dilakukan pemerintah. Namun demikian, pelibatan masyarakat dalam pelaksanaan juga diperlukan, seperti yang disampaikan oleh warga Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Barito Utara.

“Aspirasi ini disampaikan masyarakat saat pelaksanaan reses kemarin. Masyarakat minta ada pelibatan bagi masyarakat desa setempat dalam pengembangan wisata air terjun yang ada di desa setempat supaya bisa menjadi pemasukan bagi desa melalui objek wisata itu,” katanya melalui rilis yang diterima pada Kamis, 12 Januari 2023.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Imbau Pemda Realisasikan Aspirasi Masyarakat Soal Pendidikan

Ia juga menjelaskan, selama ini pengelolaan pariwisata dikelola secara penuh oleh pemerintah, dimana partisipasi masyarakat desa sangat minim. Untuk itu masyarakat setempat mengusulkan adanya pola kerja sama dalam pengelolaan wisata.

“Dengan pola kerja sama, maka pendapatan tidak hanya masuk ke pemerintah kabupaten tapi juga pemerintah desa. Dengan adanya tambahan anggaran, maka pembangunan desa pun bisa menjadi lebih maksimal, dampak positifnya pun akan kembali pada masyarakat setempat,” jelasnya.

Sri Neni Trianawati menambahkan, selain pengembangan pariwisata, masyarakat setempat juga mengusulkan adanya dukungan pemerintah daerah terutama dalam pembangunan infrastruktur di desa, diantaranya pembuatan sarana buang air atau kakus bagi masyarakat kurang mampu dan perbaikan rumah bidang terampil.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Imbau Masyarakat Pedesaan Manfaatkan Perpusdes

“Pembuatan kakus berkaitan dengan sanitasi. Dengan sanitasi yang baik maka kesehatan masyarakat juga terjaga. Kami harap usulan ini dapat diperhatikan pemerintah. Termasuk juga soal rehab rumah bidan, dengan tempat tinggal yang memadai, diharapkan bidan ini bisa betah dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat,” tandasnya. (Hardi).

(Visited 5 times, 1 visits today)