DLH Barsel Imbau Warga Jangan Buang Sampah di Atas Jembatan

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Barsel M. Nanang Shalahudin.

BUNTOK – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) selalu mengimbau kepada warga Buntok agar jangan meletakkan sampah di atas jembatan namun harus membuangnya di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang sudah disediakan.

Pemberitahuan atau imbauan untuk tidak meletakan sampah di atas jembatan sudah sering disampaikan namun masih saja ada warga yang tidak menghiraukannya malah seenaknya meletakan sampah.

Seperti Jembatan Jalan Merdeka Raya (pasar lama), sering kali tumpukan sampah diletakan di bahu atau di pinggir jembatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pengelolaan Sampah Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Barsel M. Nanang Shalahudin saat ditemui di ruang kerjanya Jumat 13 Januari 2023.

Dikatakannya, sampah rumah tangga yang diletakkan oleh warga di atas jembatan tepatnya di pinggir jembatan tentunya tidak enak dipandang mata warga yang melintasi jembatan akan terganggu dengan bau sampah yang menyengat tersebut.

BACA JUGA:   Program Jumat Curhat Ala Kapolres Barsel Layani Aduan Masyarakat

“Sampah yang diletakkan di pinggir jembatan tentunya tidak enak dipandang mata bahkan warga yang minta akan terganggu dengan bau sampah yang menyengat tersebut,” katanya.

Kata Dia, DLH Barsel sendiri sudah menyiapkan TPS di berbagai lokasi dan di setiap RT yang ada di Kota Buntok dan sekitarnya termasuk menyediakan TPS di Kelurahan Jelapat.

“TPS yang disediakan tersebut, untuk warga membuang sampah rumah tangga maupun sampah organik jadi alangkah baiknya buanglah sampah pada tempatnya jangan membuang seenaknya hari,” jelas Nanang Shalahudin.

Kebiasaan warga membuang sampah seenaknya ini menurut Dia, karena tidak mau repot dan tidak mau jauh membuang sampah akhirnya membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Biasanya trik mereka membuang sampah di TPS, pada saat kondisi tidak ada petugas sampah maupun warga lain yang lewat dan secara diam-diam membuang sampah tersebut,” bebernya.

BACA JUGA:   Bikers Subuhan Buntok Salurkan Bantuan Kemanusiaan Kepada Kaum Dhuafa

Perlu diketahui juga kata Nanang Shalahudin, di seluruh TPS pihaknya juga sudah memasang pemberitahuan agar tidak membuang sampah tebangan pohon dan bongkaran bangunan termasuk pula jam pembuangan sampah rumah tangga, yakni mulai membuang sampah pada pukul 17.00 WIB (sore) hingga pukul 06.00 WIB (pagi), sehingga seluruh TPS yang ada di kota Buntok dan sekitarnya kelihatan bersih.

Oleh karena itu pihaknya tidak henti-hentinya mengimbau warga masyarakat Kota Buntok untuk selalu membuang sampah di TPS yang telah disediakan.

“Tujuannya adalah agar kota Buntok bersih dan enak dipandang mata serta tidak ada bau sampah yang menyengat,” pungkas M. Nanang Shalahudin. (Ded).

(Visited 4 times, 1 visits today)